– Staf Ahli Bidang Perdagangan Jasa, Lasminingsih mengunjungi Pasar Basah Mandonga, Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam rangka pemantauan stok dan harga barang kebutuhan pokok jelang Puasa dan Lebaran 2017, Selasa (16/5).

Kendari, Koran Sultra – Pemerintah terus mengawal stok dan harga barang kebutuhan pokok (bapok) jelang Puasa dan Lebaran 2017.

Kali ini Kemendag diwakili Staf Ahli Bidang Perdagangan Jasa, Lasminingsih melakukan pemantauan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) Selasa (16/5).

Lasminingsih mengawali lawatannya ke Kota Kendari dengan meninjau Pasar Basah Mandonga. Berdasarkan hasil pantauan didapati harga bapok masih relatif stabil. “Harga bapok di Sultra relatif sabil, bahkan harga bawang merah dan daging ayam cenderung turun. Khusus untuk daging sapi segar, harganya masih di bawah daerah lain seperti Aceh dan lampung,” ungkap Lasminingsih.

Selain pasar tradisional Lasminingsih juga berkesempatan meninjau ritel modern untuk memastikan penerapan harga eceran tertinggi (HET) gula, minyak goreng, dan daging sapi beku.

Lasminingsih mengapresiasi Hypertmart Lippo Plaza Kendari yang telah menerapkan HET sesuai dengan kesepakatan. “Hypermart Kendari sudah menjual gula dengan harga Rp 12.500/kg, minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp 11.000/liter dan daging sapi beku dengan harga Rp 80.000/kg. Jadi, memang sudah mengimplementasian nota kesepahaman yang dibuat oleh Aprindo dengan para produsen dan distributor barang-barang komoditas tersebut,” jelas Lasminingsih. Untuk memastikan stok, Lasminingsih yang didampingi Kepala Dinas Perindag Sultra, Sitti Saleha dan perwakilan BI Sultra, Minot Purwahono, mengunjungi gudang distributor milik PT. Adi Wirgo. Di gudang ini stok gula 1500 ton yang dijual ke pedagang Rp 12.500/kg. Rangkaian kegiatan di Sultra diakhiri dengan meninjau stok gula beras di gudang Bulog divisi regional Sultra.

Lasminingsih menyampaikan gudang Bulog Divre Sultra terdapat stok gula sebanyak 1.200 ton, dan beras sebanyak 8.720 ton. “Bulog divre Sultra memiliki stok yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga 8 bulan kedepan,” tegas Lasminingsih, dalam rilis persnya yang diterima oleh koransultra.com. (red****)

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY