Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Kemenpan, Tri Agustin Satriani saat memberikan sambutannya dalam Festival Sagu disalah satu Hotel di Kendari Foto: Dadang Purnoto.

KENDARI, KORANSULTRA.COM – Kementrian Pertanian (Kemenpan) menyebut jika komuditas sagu merupakan salah satu produk unggulan yang selalu dikembangkan secara nasional.

Tidak hanya menjadi makanan khas di bumi Anoa, tetapi dibelantara nusantara sagu juga menjadi makanan khasnya masing – masing.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Kemenpan, Tri Agustin Satriani mengatakan, sagu merupakan salah satu makanan khas dibeberapa wilayah Indonesia.

Tidak hanya dalam negeri, makanan khas yang berasal dari sagu juga banyak dikembangkan di beberapa negara seperti Jepan dan Malaysia.

“Melihat komuditas sagu yang dikembangkan oleh beberapa negara. Kita sempat melakukan pencanangan kembali program pengembangan pangan secara nasional. Dengan adanya sagu bisa menjadi pengganti beras,” kataTri Agustin Satriani, saat memberikan sambutan pada pelaksanaan Festival Sagu, Minggu (5/11/2017) sore.

Menurut Tri Agustin Satriani, pengembangan sagu bisa menjadi kuliner khas nusantara. Pemerintah sudah berusaha mengurangi konsumsi pangan khususnya beras. Selain itu, pemerintah juga sudah melakukan swasembada untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional.

“Bagaimana masyarakat bisa memberdayakan makanan lokal menjadi pengganti beras. Tentunya hal ini perlu penyadaran kepada masyarakat melalui program Kemenpan yakni Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA),” pungkas Agustin Satriani.

Kontributor: Dadang Purnoto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY