Ilustrasi Kereta Api.
Ilustrasi Kereta Api.

TIRAWUTA, KORAN SULTRA– Jalur kereta api sepertinya tak hanya ‘dimonopoli’ pulau Jawa. Di Sulawesi Tenggra (Sultra), pembangunan rel kereta api rupanya sudah masuk dalam rancangan strategis Pemprov. Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) menjadi salah satu daerah yang akan dilalui jalur kereta api itu.

“Sesuai rencana, kedepannya jalur kereta api dari Sulsel menuju Sultra bakal dibangun. Dan memang Koltim mendapat jatah jalur kereta api. Sebab, rute yang akan dilalui yaitu, Kolaka Utara-Kendari,” kata Kabid Perhubungan Laut Dinas Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Ary R Sujuthi, saat rapat teknis pembahasan raperda RTRW Kabupaten Koltim Tahun 2016-2036, Sabtu (19/11).

Untuk itu dia menyarankan, agar usulan penyusunan jalur rel kereta api untuk Koltim dibahas di raperda RTRW Koltim mendatang.

”Meski pembangunan rel kereta api ini baru rencana jangka panjang, tetapi tidak ada salahnya, jika dimasukkan dalam raperda tentang RTRW ini. Karena, perda RTRW ini juga akan berlaku selama dua puluh tahun kedepan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ary R Sujuthi, meskipun harus diakui memang agak sulit untuk mewujudkannya, karena banyak faktor lintasan ekstrem yang bakal dilalui. Seperti hutan lindung, tofograpi yang sangat curam. ”Namun paling cocok itu, melewati daerah pesisir,” tutupnya.

Koresponden : Dekri
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY