TNI bersama sejumlah anak panti asuhan Foto: Liya Puspita

KENDARI, KORANSULTRA.COM – Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas di Korem 143/HO menemukan sejumlah anak panti asuhan Al Ikhlas, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengidap penyakit kulit.

Tidak heran, TNI beserta PT Yakin Sukses Makmur (YSM), Selasa (14/11/2017) lalu bekerja sama, untuk melakukan pengobatan gratis pada sejumlah anak yang terkena penyakit kulit.

Selain TNI dari Korem 143/HO, ada juga Tim medis dari 725/Woroagi ikut terlibat dalam pengobatan gratis ini.

Menurut dr Afgan, yang juga ikut dalam pengobatan tersebut, anak-anak panti asuhan al-ikhlas banyak mengidap penyakit kulit, diantaranya bisul, kudis dan kurang gizi.

Dokter yang bertugas di Yonif 725/Woroagi ini, juga menuturkan, salah satu penyebabnya adalah karena lingkungan panti asuhan yang kurang bersih, serta kurangnya makanan bergizi yang dikonsumsi penghuni panti asuhan.

Kepala Penerangan Korem 143/HO Mayor Inf Azwar Dinata, yang juga ikut dalam kegiatan sosial tersebut melihat kondisi tempat tinggalnya panti asuhan kurang layak karena kurangnya ventilasi di hampir setiap ruangan, ruangan-ruangan banyak yang tertutup dan megeluarkan bau.

Sejumlah anggota TNI dari Korem 143/HO mengadakan pengobatan gratis pada sejumlah anak panti asuhan Foto: Liya Puspita

“Tempat tinggalnya kurang layak, apalagi dengan keberadaan kolam ikan lele yang berada di tengah bangunan  semakin membuat  bau ruangan panti asuhan tersebut menegeluarkan bau yang tak sedap,” terang, Azwar Jumat (17/11).

Selain menyediakan pengobatan gratis, PT. YSM perusahaan yang bergerak di bidang smelter ini, juga memberikan bantuan sosial berupa pakaian dan makanan pokok.

Azwar juga menuturkan, pengobatan gratis yang dilakukan oleh TNI dalam kegiatan adalah keterlibatan  Prajurit TNI khususnya dari kesehatan Yonif 725/Woroagi merupakan  salah satu bentuk kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Kemitraan TNI dengan sejumlah pihak termasuk dengan pihak swasta dalam kegiatan sosial peduli terhadap sesama merupakan wujud keperdulian TNI dengan rakyat,” tuturnya.

Sebagai garda terdepan dalam melindungi dan mempertahankan kedaulatan negara, TNI harus bersinergis pada semua elemen bangsa termasuk dengan pihak swasta, “Bersama rakyat TNI kuat, hebat dan dicintai rakyat,”  pungkas Mayor Azwar.

Kontributor : Liya Puspita

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY