7
Kolaka, Koran Sultra – Dalam menghadapi Bencana Banjir , Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPN) kolaka berencana akan melakukan pelatihan atau Geladi Lapangan Bersama di kabupaten Kolaka, yang bakal digelar awal pada bulan Desember 2016 mendatang.Dalam kegiatan itu akan melibatakan berbagai unsur dan instansi yang ada di kabupaten Kolaka. Hal itu juga yang diungkapkan oleh Fasilitator BPBN kolaka Tanty S Reinhart Thamrin, pada rapat persiapan uji lapangan atau GLADI dalam menghadapi bencana banjir kabupaten Kolaka 2016‎,beberapa waktu yang lalu di aula kantor Bupati Kolaka.

“Pelaksanaan gladi lapangan itu akan direncanakanbselama dua hari mulai tanggal 3 dan 4 desember nanti bertempat di desa Peoho Kecamatan Watubangga,yang melibatkan sekitar 325 orang personil,” kata Tanty.

Lanjutnya lagi, yang melatar belakangi dilakukannya latihan dan gladi lapangan bersama, guna membangun kerjasama antar lintas instansi, lintas sektor, dan lintas level untuk penanggulangan bencana di wilayah kabupaten Kolaka ini‎ terutama bencana Banjir yang sering terjadi didaerah daerah pedalaman. “Latihan kesiap siagaan menghadapi ancaman banjir yang bertujuan meningkatkan kesadaran para pemangku kepentingan yang terkait, baik pemerintah maupun non pemerintah, di tingkat Pusat hingga Kabupaten, seperti di Kolaka ini juga yang memang daerah rawan banjir, Kita berharap dengan latihan bersama ini Kolaka nantinya siap menghadapi bencana banjir jika terjadi kapan saja,dan kita sudah siap untuk menanggulanginya,makanya kita lakukan pelatihan dalam penanggulangan bencana banjir ini” ungkapnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Bupati Kolaka sudah mensahkan Rencana Kontinjensi (Renkon) dalam menghadapi bencana banjir bandang dan Prosedur Tetap (Protap) ‎tanggap darurat bencana banjir di kabupaten Kolaka.

Penanggung Jawab Operasional Kegiatan (PJOK) dari BPBD Kolaka, Renkon merupakan suatu proses identifikasi dan penyusunan rencana yang didasarkan pada keadaan kontijensi atau yang belum tentu tersebut. Sementara itu, Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka Aris Parubak mengatakan, ‎Protap merupakan gambaran terstruktur dan tertulis tentang langkah-langkah yang telah disepakati bersama oleh seluruh institusi pelaksana, tentang siapa yang melakukan apa, saat kapan, dimana dan bagaimana pelaksanaannya tentang penanggulangan bencana.

“Jadi penanggulangan bencana bukan hanya tugas BPBD, tapi semua elemen memiliki peran dan tanggungjawab seketika terjadi bencana bahkan masyarakat pun harus turut amdil untuk membantu dalam pelaksanaan dan pencegahan bencana banjir diwilayah kolaka ini,” tutur Aris

Kontributor : Asri Joni
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY