Unaaha, Koran Sultra – Panwaslu Kabupaten Konawe sedang gencar-gencarnya lakukan sosialisasi disemua kecamatan dengan melibatkan instansi-instansi terkait,hal ini dilakukan mengingat Kabupaten Konawe adalah salah satu daerah yang memiliki Indeks Kerawanan Tinggi,dalam Pilkada 2018 mendatang kabupaten Konawe memiliki Indeks Kerawanan Pilkada mencapai 3,07.
Ketua panwaslu kabupaten konawe, Sabdah. S.Pdi saat ditemui disela-sela sosialosasi yang dilakukan di Kec. Puriala mengatakan bahwa sosialisasi ini dimaksudkan memberikan informasi penting kepada seluruh masyarakat termasuk didalamnya para ASN dan kepala desa.

“Mari bersama-sama kita mengawal penegakan keadilan pemilu pada pelaksanaan pilkada konawe 27 juni 2018 mendatang. sehingga pada pelaksanaannya para ASN dan seluruh kepala desa beserta perangkatnya tidak melakukan tindakan yang dapat menjerat ke pidana pemilu.” tegasnya.

Sementara itu ditempat yang sama Rahmat, selaku koordinator divisi SDM mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi dilakukan oleh panwaslu kabupaten konawe adalah merupakan bagian dari tindakan preventif terhadap pelanggaran pilkada.

“Kegiatan ini adalah upaya menekan sedini mungkin terjadinya pelanggaran atau potensi pelanggaran yang dapat terjadi pada pilkada 27 juni 2018.” katanya.

Lebih jauh dirinya mengatakan bahwa sosialisasi pengawasan partisipatif ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan kedaulatan rakyat, dmana setiap warga masyarakat konawe dapat turut mengawasi pelaksanaan pilkada, sehingga diharapkan ada feed back dari masyarakat untuk tetap melaporkan setiap pelanggaran yang terjadi pada proses pilkada.

Hal senada pun diungkapkan oleh Indra Eka Putra, selaku koordiv hukum penindakan dan pelanggaran namun dirinya lebih mempertegas pada landasan yuridis terkait pelanggaran jika dilakukan dan sanksi yang akan diterima para pelanggar pada pilkada yang saat ini sudah memasuki tahapan verifikasi dukungan calon perorangan.

“kami berharap masyarakat ikut mengawasi mengingat pilkada ini sangat menentukan siapa pemimpin di konawe 5 tahun mendatang.” katanya.

kegiatan sosialisasi yang diperkirakan berakhir hingga di kecamatan routa. diharapkan dapat memberikan edukasi yang baik bagi masyarakat konawe terkait hal-hal yang boleh dan tidak di bolehkan dalam penyelenggaraan pilkada 2018 mendatang.

Kontributor : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY