Unaaha, Koran Sultra – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe menggelar sosialisasi kepada pemilih pemula menjelang pilkada gubernur dan wakil gubernur tahun 2018.

Kegiatan tersebut dikuti 50 siswa dan pendamping dari 5 sekolah tingkat SMA sederajat yang dilaksanakan di Alika coffe,sabtu (09/09).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe sarmadhan mengatakan kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan lebih awal dikarenakan adalah amanat dari KPU propvinsi mengingat tahapan pilkada gubenur dan wakil gubernur sulawesi tenggara tengah berjalan.”hal ini juga kita rangkaikan sosialisasi pemilihan bupati dan wakil bupati konawe 2018.”ujarnya.

Dari data estimasi pemilih pemula menurutnya meningkat 2 hingga 3 persen tiap tahunnya hal tersebut dilihat dari gambaran sekolah-sekolah yang ditemukan saat KPU menggelar sosialisasi pemilih pemula menurutnya kurang lebih ada 100 hinga 200 orang pemilih pemula yang mana bila jumlahkan dengan sekolah SMA sederajat yang berada dikabupaten Konawe sebanyak 26 sekolah bisa mencapai kurang lebih 2 ribu 6 ratus sampai 3 ribu pemilih pemula.

Dirinya menambahkan bahwa tingkat kesadaran pemilih pemula dikabupaten konawe ini sangat antusias dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati.

“Antusias mereka dilihat dari saat dilakukan sosialisasi mereka banyak memberikan saran dan masukan terkait yang akan mereka akan hadapi nanti utamanya administrasi kependudukan.”ungkapnya.

Akan tetapi Sarmadhan tidak memungkiri terkadang terdapat kendala dilapangan terkait pemilih pemula,untuk itu dirinya meminta kepada semua pihak agar turut berperan aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat khususnya pada pemilih pemula sebagai warga negara agar sadar demokrasi untuk menyalurkan hak pilihnya pada tanggal 27 juni 2018.

Kontributor : Nasruddin
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY