Unaaha, Koran Sultra – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe lakukan sosialisasi persiapan pembentukan badan adhock (PPK,PPS dan PPDP) dalam rangka pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2018 mendatang. Kegiatan yang dihadiri Camat, Lurah serta para Kepala Desa ini dilaksanakan disalah satu hotel diunaaha, Jumat (06/10).

Ketua KPU Konawe, Sarmadan mengatakan pendaftaran badan adhock tersebut akan dilaksanakan pada bulan oktober ini.
“Pendaftarannya akan dilaksanakan pada tanggal 12 oktober 2017.”katanya.
Sarmadan mengatakan keterlibatan unsur Pemerintah Kecamatan dalam kegiatan tersebut telah diatur dalam Undang-Undang PKPU.

“Melalui sekretariat KPU nantinya akan berkoordinasi dengan para camat untuk pembentukan sekretariat PPK serta pembentukan PPK nantinya berbasis kecamatan adapun terkait lurah dan kepala desa hanya sebatas rekomendasi anggota PPS.” ujarnya.

Untuk itu Ketua KPU Konawe mengharapkan nantinya para camat,lurah dan kepala desa nantinya dapat memberikan informasi terkait sosialisasi pembentukan dan pendaftaran badan adhock kepada masyarakat.

Sementara itu Ketua Divisi sosialisasi KPUD Konawe,Ulil Amrin lebih menekankan pada regenerasi para penyelenggara pemilu ditingkat kecamatan.

Berdasarkan putusan KPU nomor 3 tahun 2015 yang mengisyaratkan bagi para calon penyelenggara adhock tidak pernah menjabat dua kali dalam jabatan yang sama.

“Untuk para calon PPK,PPS nantinya akan diseleksi lewat beberapa tahapan dan para calon PPK,PPS dan KPPS tersebut belum dua kali periode menjabat.”ungkapnya.

KONTRIBUTOR : NASRUDDIN

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY