Sekretaris LSM kibar kolaka Andri Alman Assigaf, SH
Sekretaris LSM kibar kolaka Andri Alman Assigaf, SH

Kolaka, Koran Sultra – Lembaga Swadaya Masyarakat Kibar Kabupaten Kolaka, kecewa atas Kinerja DPRD Kolaka, soal hasil Hearing Bersama Pihak PT Gassing pada tanggal 20 April Lalu, mengenai dampak lingkungan yang di hasilkan Oleh aktivitas PT Gassing Dalam pengolahan pasir kuarsa yang dinilai sangat merugikan masyarakat.

Sekretaris LSM kibar kolaka Andri Alman Assigaf, SH saat di temui di sekertariatnya kamis (27/4) mengatakan pihaknya telah mengikuti haering terhadap PT.Gasing Sulawesi tenggara di DPRD Kolaka dimana inti dengar pendapat tersebut meminta pertanggung jawaban pihak Perusahaan yang sudah 10 tahun lebih melakukan aktifitas pertambangan pasir kuarsa di desa oko-oko kecamatan pomalaa dan desa lamedai kecamatan tanggetada.

Sayangnya, menurut Andri selama PT.gasing Sulawesi tengara melakukan aktifitas pertambangannya bukannya malah mensejahterahkan daerah sekitar yang terkena langsung dampak dari limbah hasil produksi pasir kuarsa Perusahaan, “ justru sebagian masyarakat yang bermukim di sekitar wilayah pertambangan pt. gasing Sulawesi tenggara merasa kecewa karena selama ini mereka tidak pernah mendapatkan dispensasi dari hasil lahan yang telah dicemari oleh pt. gasing Sulawesi tenggara” tegasnya.

Lanjutnya untuk itu pihaknya meminta agar dilakukan hearing terhadap pt. gasing Sulawesi tenggara untuk mempertanggung jawabkan atas pencemaran lingkungan yang terjadi di desa lamedai kecamatan tanggetada kabupaten kolaka, “ ada 4 tuntutan yang kami ajukan kepada pt. gasing Sulawesi tengara, diantaranya, Ganti rugi lahan yang telah dicemari, Pt. gasing Sulawesi tenggara harus memperbaharui tempat pengolahan limbah yang langsung ke sugai desa oko-oko dan sugai desa lamedai, Pt. gasing harus melakukan reklamasi di atas lahan yang telah di olahnya dan sekitarnya, dan yang keempat Pt. gasing harus melakukan reboisasi di atas lahan yang telah di cemari akibat dari limbah produksi” ungkapnya.

Namun lanjutnya Lagi belum ada hasil yang di lakukan oleh DPRD kolaka, Atas tuntutan yang harus di lakukan oleh PT. Gassing, untuk itu dirinya mengecam jika Kinerja DPRD perlu di pertanyakan dan jika hingga nemasuki bulan mei mendatang belum juga ada upaya yang di lakukan PT.Gassing, kemungkinan besar Atas nama masyarakat yang terkena dampak, akan melakukan Aksi Unjuk Rasa besar- besaran, pasalnya upaya Hearing yang di lakukan belum juga ada realisasi dari DPRD kolaka, kecamnya.

Kontributor : A.Hendra
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY