Akbar Asfar.,S. Kep Ns., M. Kes

MAKASSAR, KORANSULTRA.COM – Akbar Asfar S.Kep Ns. M. Kes salah satu dosen Prodi Keperawatan FKM UMI yang mengajarkan mata kuliah tentang Keperawatan Komunitas.

“Keperawatan Komunitas ini mencakup segala aspek pelayanan kesehatan meliputi aspek promotif yaitu pemberian informasi kesehatan atau keperawatan, aspek preventif yang lebih mengedepankan pencegahan tanpa mengabaikan aspek kuratif (pengobatan) dan rehabilitatif (pemulihan),”ujarnya saat ditemui di Gedung FKM UMI, Jumat (15/9/2017).

Pria Sinjai, 31 Desember 1988 mengaku, dalam mata kuliah ini mahasiswa diajarkan untuk mampu melakukan pengkajian dari segala sistem komunitas untuk mendapatkan data meliputi kondisi kesehatan masyarakat, jumlah penduduk baik yang sehat maupun sakit.

Kata dia, Indonesia adalah negara yang terdiri dari beberapa pulau yang memiliki dinamika dan keberagaman budaya, termasuk permasalahan kesehatan serta penyelesaiannya.

Berangkat dari hal itu, diperlukan adanya sebuah terobosan baru dalam proses pendidikan, khusus untuk mahasiswa Keperawatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) yang terjun langsung mengabdi ke masyarakat ketika menjadi alumni.

“intinya keperawatan komunitas ini saya anggap sebagai garda terdepan dalam mencapai derajat kesehatan yg optimal,” ujarnya.

Terkait bagaimana langkah mulai dari mengorganisir masyarakat agar memeperhatikan kesehatan, mengkampanyekan upaya pencegahan penyakit sampai pada pemulihan penyakit.

Selain mengajar, Akbar juga merupakan koordinator praktik klinik praners dan telah mengantarkan mahasiswa Keperawatan FKM UMI untuk praktik dibeberapa daerah di Sulawesi Selatan seperti di Kabupaten Gowa, Barru, Jeneponto dan Kota Makassar.

“Hal ini tidak terlepas dari support Dekan FKM UMI Dr. R. Sudirman,M.Si, dan seluruh civitas akademika Prodi Keperawatan,” ujarnya.(*)

Biodata

Nama :Akbar Asfar.,S. Kep Ns., M. Kes

TTL : Sinjai 31 Desember 1988

Alamat : Jl. Kesadaran 1 Panaikang Makassar

Email : [email protected]
Dosen mata kuliah : Keperawatan Komunitas

Status : Menikah

Istri : Wan Sulastri Emin, S. Kep., Ns. M. Kes
Anak : Rizqy Adytia Aswan

Riwayat pendidikan

* 2011 S1 Ilmu Keperawatan FKM UMI
* Tahun 2011 -2013 Profesi Ners UIN Alauddin Makassar
* 2016 S2 Ilmu Biomedik UNHAS

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY