Prosesi pengambilan sumpah jabatan yang dilakukan Bupati Wakatobi, Arhawi terhadap Muhammad Ilyas Abibu. Foto Surfianto
Prosesi pengambilan sumpah jabatan yang dilakukan Bupati Wakatobi, Arhawi terhadap Muhammad Ilyas Abibu. Foto Surfianto

WAKATOBI, KORAN SULTRA– Bupati Wakatobi H. Arhawi melantik Sekretaris Daerah Wakatobi Muhammad Ilyas Abibu di Aula Pesanggrahan Wakatobi, Senin (13/3).

“Berjalan atau tidaknya roda pemerintahan maupun lancar atau tidaknya kegiatan birokrasi ditentukan oleh bagaimana sekretaris daerah menjalankan peran dan fungsinya dengan baik, “kata Arhawi dalam pidato pelantikan Muhammad Ilyas Abibu.

“Birokrasi akan solid jika bekerja dengan efektif, efesien dalam melaksanakn tugas karena tidak ada pekerjaan yang dapat diselesaikan secara optimal jika komponen di dalamnya tak solid dalam melaksanakan tugas serta kewajibannya,” tegas Arhawi.

Sekda merupakan jabatan karir tertinggi bagi aparatur sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintahan kota sebagai pimpinan tertinggi pratama sehingga membutuhkan orang yang mampu dicontoh, diteladani dan disegani di kalangan pejabat ASN yang lain.

“Dalam seleksi sekda ini saya secara pribadi merasa berat karena delapan pejabat yang mengikutinya semuanya adalah teman dan saudara. Tapi tidak mungkin semuanya akan menjadi sekda,” jelas Arhawi.

Sementara itu, Ilyas Abibu berjanji akan bekerja maksimal membantu mensukseskan visi misi bupati.

“Saya berharap dalam waktu dekat kita juga bisa segera melakukan seleksi pejabat kepala SKPD agar roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik,” Jelas Ilyas Abibu.

Pelantikan Sekda difinitif Muhammad Ilyas Abibu dihadiri Ketua DPRD Wakatobi Muhammad Ali, Kapolres Wakatobi AKBP Didik Supranoto, Kajari Wakatobi Muh. Irvan Jaya , Kepala SKPD, Sesepu Masyarakat Wakatobi Umar Abibu, dan sejumlah pejabat lainnya.

Muhammad Ilyas Abibu sebelumnya bertugas menjadi Kepala Bapeda Pemkab Buton. Saat lelang terbuka berhasil menyisihkan dua kandidat lainnya dan dilantik sesuai Surat Keputus Gubernur Sultra Nomor 821221/2148 tanggal 6 Maret 2017 sebagai orang nomor satu di ASN Kabupaten Wakatobi.

Kontributor : Surfianto
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY