Pintu Gerbang Utama Kabupaten Muna Barat, foto : Ronas
Pintu Gerbang Utama Kabupaten Muna Barat, foto : Ronas

Laworo, Koran Sultra – Wilayah Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra) tergolong daerah atau wilayah (zona) rawan bencana alam, terutama angin putting beliung.

Hal ini sebagaimana dikemukakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muna Barat, Muh. Nazirun, ketika berbincang dengan awak media ini di ruang kerjanya, belum lama ini. “Ya, seluruh Kabupaten Muna Barat tergolong rawan bencana. Dimana wilayah Mubar terletak antara selat bone dan laut banda, dan pesisir selat tiworo,” Ujar Nazirun.

Lan jut Ia mengatakan, bencana alam yang rawan terjadi di wilayah Mubar, terutama angin putting beliung, yang terjadi di musim barat. Ini terlihat, di tahun 2016, di sejumlah wilayah atau kecamatan yakni, Kecamatan Maginti, Kusambi, Lawa, Sawergadi, dan Wadaga, beberapa pemukiman (rumah) warga mengalami rusak parah akibat terkena atau disambar angin putting beliung. “Di tahun 2017 ini, Kami lakukan perbaikan rumah sebanyak 56 unit, yang rusak akibat bencana angin putting beliung,” Ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk menghindari dampak dari bencana angin putting beliung, termasuk banjir agar Masyarakat terus waspada, terutama di musim panca roba atau musim barat.

Kontributor : Ronas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY