Raha, Koran Sultra – Program Bupati dan Wakil Bupati Muna terpilih LM Rusman Emba ST dan Ir H Malik Ditu MSi untuk membangun daerahnya satu persatu mulai di wujudkan, salah satunya dibidang pendidikan dengan membangun Universitas Baru.

Rencananya Universtas ini akan dibuka berbagai program study, diantaranya Fisipol, Hukum, Ekonomi, FKIP Jurusan Matematika dan Bahasa Inggris,namun tidak terlepas jurusan tambahan dari STIP Wuna, Fakultas Kehutanan, Agribisnis, Agrotek dan Perikanan.

” Kita akan segera miliki sebuah universitas tahun ini. Kita sudah siapkan lahan sekitar 10 hektar untuk lokasi kampus. Itu untuk jangka panjangnya. Untuk jangka pendeknya, kita akan tempatkan lokasi perkuliahan dibeberapa tempat di Kota Raha, “ujar Wakil Bupati Muna Ir. H. Malik Ditu. Msi. Selasa (31/1) saat membuka kegiatan seminar pendidikan karakter berbasis budaya lokal, di Aula Galampano Raha.

Wabup Muna ini juga merincikan secara ekonomi Potensi yang jika dikelola dengan baik diharapkan mampu membawa daerah ini kearah yang lebih baik.

Dikatakannya, sekitar 5000 an pelajar didaerah ini yang menimba ilmu di daerah lain, dengan hitungan ekknomi dirata-ratakan rendah, uang yang keluar berkisar 100 miliar dalam tiap tahun.

“Bayangkan tiap tahun uang kita dibawa keluar sekitar Rp 100 M hanya untuk kuliah. Jika kita miliki universitas, maka roda perekonomian kita menigkat, otomatis uang tidak keluar daerah. “terangnya.

Kontributor : Bensar
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY