Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Muna Barat, Ir. H. La Jono

Laworo, Koran Sultra – Para Nelayan khususnya di Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra) harus berbangga hati. Pasalnya, di tahun 2017 ini, sebagian besar Nelayan di Kabupaten Muna Barat (Mubar), bakal mendapat (kecipatran) bantuan, yakni alat tangkap dan budidaya, dari Dinas Perikanan dan Kelautan. Hal ini, sebagaimana dikemukakan Ir. H. La Jono, selaku Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Muna Barat, ketika berbincang dengan awak media ini, baru baru ini di ruang kerjanya. “Di tahun 2017 ini, program Dinas Perikanan dan Kelautan untuk nelayan, ada 2 kegiatan, yakni pemberian atau penyerahan bantuan untuk nelayan, berupa alat tangkap dan budidaya,” Ungkapnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, untuk penyerahan bantuan alat tangkap dan budidaya tersebut, diprioritaskan pada Nelayan yang berada di sekitar pesisir wilayah Kabupaten Muna Barat, yakni 7 Kecamatan, 12 desa. “Bantuan alat tangkap, yakni Karamba jarring apung, akan diserahkan pada nelayan yang berada di desa Konawe, Maginti, Pajala, Gala, dan Bangka. Dimana jumlah jarring yang akan dibagikan, yakni mencapai 1000 pis. Untuk bantuan alat tangkap Bubuk kepiting, kurang lebih 2000 buah. Sedangkan alat tangkap Sero 3 unit, dan pancing rawa 12 unit. Yang lebih menarik yakni Perahu nelayan yang dilengkapi alat tangkap sebanyak 13 unit,” Ujar Kadis La Jono.

Ia menambahkan, Bantuan alat tangkap bagi nelayan tersebut, saat ini barangnya telah siap, tinggal menunggu waktu penyerahan atau pendistribusian. Dimana pada bulan November 2017, seluruh bantuan tersebut, dipastikan telah terdistribusi ke Nelayan.

Sementara untuk program di bidang budidaya, yakni pemberian bantuan, untuk penanaman kurang lebih 1000 pohon Mangrov. Dan budidaya rumput laut, termasuk pemberian bibit ikan lele dan bandeng. “Setelah penyerahan atau pemberian bantuan (alat tangkap dan budidaya, red) nanti, Kami berharap agar dapat dimanfatkan sebaik- baiknya oleh Masyarakat (Nelayan).

Hingga hasilnya,dapat memperbaiki atau meningkatkan nilai pendapatan ekonomi Masyarakat, termasuk bisa menciptakan atau membuka lapangan usaha,” Pungkasnya.

Kontributor : Ronas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY