Pakaian adat Buton ikut Ramaiakan HUT RI ke-72 di Samarinda Foto: Jifran Ran Citizen Jurnalis

SAMARINDA, KORANSULTRA.COM– Pakaian adat ciri khas Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), ikut handil dalam meriahkan acara pawai pakaian adat di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Kegiatan yang diselenggarakan Pemkot Samarinda ini, dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 72 di Samarinda.

Pawai sepanjang empat hingga enam kilo meter itu, juga diikuti dari berbagai instansi seperti Pendidikan, SKPD, Swasta, hingga Organisasi Kepemudaan.

Masing-masing daerah dan instansi menampilkan cira khasnya. Tidak hanya pakaian adat yang sudah ditenun, namun mobil hias juga ikut memadati kegiatan tahunan pemerintah Samarinda itu.

Pakaian adat tenun warga Buton menjadi perhatian khusus ratusan pasang mata. Pakaian kuning keemasan berpadu menutupi warnah kemerah-merahan selendang adat ala Buton ini. Tidak tanggung-tanggung pakaian itu mampu mempengaruhi sepanjang barisan. Gadis cantik yang sedang memeggang perempuan cilik, juga terlihat seperti ratu yang sedang didampingi sang pangeran dan kedua anaknya.

Rasa penat hilang seketika, karena harus berhenti sejenak mengindahkan permintaan penonton untuk berpose bersama.

Keterlibatan Buton dalam perayaan pawai kali ini, dimonitori langsung dari Kerukunan warga Buton Matanasurumba di Samarinda dengan Personil sekitar 70 orang. Seluruh warga asal Buton diwajibkan mengenakan pakaian adat khas JUBA dan pakaian pingitan buat para ibu-ibu dan gadis.(CJ Nusantara)

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY