KOLAKA, KORANSULTRA –
Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kolaka mengandeng Organisasi Masyarakat (Ormas) untuk mengawasi pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019.

Pada rapat koordinasi optimalisasi peran Ormas dalam pengawasan Pemilu 2019 di salah satu hotel di Kolaka, Sabtu (18/11), Ketua Panwaslu Kabupaten Kolaka Juhardin mengatakan, secara formal Panwaslu sebagai lembaga Pengawas Pemilu yang berkedudukan di Kabupaten/Kota, memiliki tanggung jawab untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu. Namun, secara hakekat demokrasi, pengawasan Pemilu seharusnya dilakukan oleh masyarakat sebagai pelaku utama Pemilu dan pemilik kedaulatan tertinggi dalam negara.

Menurut Juhardin, Panwaslu sadar tidak memiliki  daya kalau pengawasan Pemilu hanya diserahkan kepada mereka, karena itulah tagline Bawaslu adalah “Bersama rakyat awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu”. Ini bukti kalau Panwas ingin bersama rakyat dalam mengawasi Pemilu.

Juhardin berharap PWI dan ormas maupun semua stakeholder dapat bersama mengawal proses demokrasi dalam pemilihan anggota DPR, DPD, DPRD, Presiden dan wakil Presiden, khususnya di bumi Mekongga kabupaten Kolaka tercinta.

“Untuk mengawal proses demokrasi berjalan dengan baik, peran Ormas yang merupakan aktor strategis diantara stakeholder Pemilu sangat diperlukan, sehingga diharapkan akan melahirkan pemimpin yang amanah dan berkualitas pada Pemilu 2019 nanti,” kata Juhardin.

Kontributor : Andi Hendra

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY