Kolaka,Koran Sultra – Panitia Pengawasan Pemilihan Umum ( Panwaslu ) Kabupaten Kolaka menggelar Sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif Pada Pemilihan Legislatif serta Pemilihan Presiden di aula hotel zamzam kolaka Kamis ( 16/11/2017)

Sosialisasi tersebut di ikuti sebanyak 43 peserta yang merupakan pemilih pemula dari tingkat Pelajar SMA Dan Mahasiswa universitas Negeri 19 November Kolaka.

Ketua Panwaslu Kolaka Juhardin S.pi M.si mendorong seluruh peserta yang hadir agar dapat ikut serta dalam pengawasan Partisipatif pada Pemilihan Kepala Daerah serta DPD, DPR, DPRD Dan Presiden.

Agar dalam pesta demokrasi nantinya dapat berjalan dengan baik sesuai aturan yang ada, sehingga melahirkan pemimpin yang baik dan amanah.

Untuk itu Juhardin menjelaskan pengawasan partisipatif bagi pemilih pemula dapat di lakukan dengan cara mengamati seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu dan melaporkan kejadian – kejadian yang di duga merupakan suatu bentuk pelanggaran.tujuannya agar proses demokrasi dapat berjalan dengan baik.

Metua Panwaslu Kolaka juga memberikan pembekalan kepada seluruh peserta yang hadir seperti apa sistem kerja dari pengawasan partisipatif, serta menjelaskan tata kerja panwaslu mulai pencegahan hingga penindakan dugaan pelanggaran pemilu ,baik temuan maupun laporan dari masyarakat.

Serta mengingatkan kepada seluruh peserta untuk tidak terkontaminasi dengan politik dan tidak tergiur dengan tawaran uang dari calon maupun tim sukses calon tertentu,

” saya berharap kepada anak- anak ku sekalian untuk dapat menjadi pemilih cerdas, dengan cara memilih pimpin bukan karna ada apanya tetapi memilih pemimpin yang memiliki program yang baik serta berIntegritas atau kejujuran yang tinggi”

Sementara itu salah satu peserta dari pelajar/pemilih pemula mengatakan kegiatan sosialisasi yang di lakukan oleh Panwaslu Kolaka sangat bermamfaat kepada masyarakat khususnya bagi para pelajar.
” Kami senang dimana di kegiatan ini kami mendapat pengetahuan tentang seperti apa pengawasan partisipatif”jelasnya.

KONTRIBUTOR : ANDI HENDRA

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY