Lasusua, Koran Sultra – Meriahkan festival seni Qasidah berskala besar pertama tingkat Provensi Sulawesi Tenggara yang berlangsung di Kabupaten Kolaka Utara . Pawai Taaruf yang diikuti 897 kafilah meramaikan pawai dan memperkenalkan khas daerah masing-masing dan sekaligus menampilkan satu-satunya mobil hias dari Kabupaten Konawe Utara bertema seni religi.

Pawai Taaruf ini dibuka dan dilepas oleh Ketua Lasqi Provensi Hj. Masyurah bersama Ketua Lasqi Kabupaten Kolut Nurfaedah Rusda dialun-alun Lasusua desa Ponggiha Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara dengan menandai pelepasan dengan bendera star.

Kafilah yang pertama dilepas dari Kafilah Konawe Utara menyusul Kota Kendari, Konawe, Buton Selatan. Konawe Kepulauan, Buton Utara, Bombana, Wakatobi, Muna, Muna Barat, Kolaka,Buton, Kota Bau-Bau, Buton Tengah dan kafila terakhir Kabupaten Kolaka Utara,

Kabupaten Kolaka Utara Menerjunkan dari Badan Kontak Majelis Talim (BKMT) antaranya BKMT Kecamatan Lasusua, BKMT Fastabiqul Khairat Desa Puncak Monapa Kecamatan Lasusua, BKMT Kecamatan Pakue, BKMT Desa Rante Limbong, BKMT Khairunnisa Kecamatan Rante Angin, BKMT Kecamatan Lambai, BKMT Kecamatan Kodeoha, BKMT Kecamtan Katoi,

Pawai melalui Jalan Taman Kota melintas jalan Trassulawesi sepanjang satu setengah kilo meter dimulai dari halaman Alun-alun lasusua dan berakhir di Depan Masjid Agung Lasusua. Dari 17 Kabupaten dan Kota Se Sultra, Kabupaten Konawe Selatan dan Kabupaten Kolaka Timur yang tidak ikut Pagelaran Festival Seni Qasidah Skala Besar pertama tingkat Provensi.

Kontributor : Israil Yanas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY