Ilustrasi Pelantikan Kepala Desa Dok: Design Koran Sultra

LASUSUA, KORAN SULTRA– Meskipun sebelumnya ada riak dari sejumlah pendukung para calon kepala desa yang kalah, Namun 64 Kades terpilih pada ajang Pilkades serentak 2017 di Kolaka Utara (Kolut) tetap bakal di lantik.

Rencananya, 64 kades terpilih itu, bakal dilantik pekan depan di bulan ramadhan ini. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pendes Kolut Patahudin, saat dikonfirmasi melalui telpon selulernya, Senin (29/05).

Patahudin megatakan, pelantikan kepala desa terpilih direncanakan pekan depan. Sedangkan Desa Latawe, Kecamatan Wawo, yang sempat menuai suara pemilih sama, kata dia sudah terselesaikan dengan pelaksanaan putara ke dua.

”Pemilihan putaran kedua di Desa Latawe sudah selesai. Dan tidak ada permasalahan lagi,” katanya.

Dijelaskannya, semua pelaksanaan sudah tuntas. Sedangkan riak-riak dilapangan yang sempat terjad di beberapa desa, sedah tidak ada masalah lagi. Sebab, pihak tim pansus dari DPRD Kolut telah turun ke lapangan. Namun hingga saat ini belum ada laporan resmi dari dugaan pelanggaran pilkades yang dilaporkan ke pihak DPMD.

“DPMD tinggal laporkan ke Bupati Kolut (Rusda Mahmud red) hasilnya. Dan insyaallah kemungkinan minggu depan dilaksanakan pelantikan,” ujarnya.

Semua kelpala desa yang terpilih kata dia, sudah siap dilantik. Sebab, saat ini pengurusan surat keputusan (SK) Bupati sementara ditangani untuk diterbitkan.

”Dengan tuntasnya pilkades di 64 desa tidak ada lagi persoalan. Adapun pelanggaran kecil yang dilaporkan agar menjadikan suatu pelajaran kedepannya,” Jelasnya.

”Kami berharap Kepala Desa yang dilantik nanti, agar melaksanakan tugas secara profesional, yang sesuai Standard Operating Procedure (SOP) tentang pengelolaan anggaran karena anggaran tersebut milik masyarakat,” tambahnya.

Kontributor : Israil Yanas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY