Lasusua, Koran Sultra – Pemda Kolaka Utara bedah 50 rumah di desa Torotuo kecamatan Rante Angin. Program bedah rumah tahun ini yang dikemas dalam upaya peningkatan peran wanita menuju keluarga sehat sejahtera (p2wkss) yang tertuang dalam surat keputusan (SK) Gubernur dan Bupati Kolaka Utara.

Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud menjelaskan, sesuksesan seorang pemimpin dilihat dari pembangunannya dan yang paling utama, perekonomian dan tempat tinggal masyarakatnya, apakah sudah layak atau tidak. Katanya.

“ Insaallah Kabupaten Kolaka Utara diupayakan tidak ada lagi rumah yang tidak layak huni,” katanya
Kabid Pemberdayaan Perempuan Badan Keluarga Berencana dan Pemerhati Perempuan (KB-PP) Kolut, Indah Mutia, Sabtu (3/9) menerangkan, dengan anggaran rp. 70 juta masing- masing SKPD sudah termaksud proses peninjauan di lapangan, evaluasi, pembinaan keluarga balita hingga pendanaan rumah yang akan direhap. Katanya.

“Kriteria rumah yang dibedah, tidak memiliki kakus (wc), dinding reok, atap bocor-bocor dan lainnya akan diperbaiki,” ujarnya

Rumah warga yang dibedah berpenghasilan ekonomi ke bawah atau prasejahtera. Untuk Percepat Rehab rumah warga, Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud menginstruksikan seluruh satuan perangkat kerja daerah (SKPD) untuk merehab rumah warga. Katanya.

“ Anggaran yang dikeluarkan SKPD bervariasi dan bisa mencapai rp. 70 juta tergantung kondisi kerusakan,” katanya

Kontributor : Israil Yanas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY