Kepala DKP Muna, Drs. La Untu saat memberikan bantuan Perahu dan Alat Tangkap perikanan secara simbolis kepada salah satu Kelompok Nelayan

Raha, Koran Sultra – Sebanyak 33 Kelompok Nelayan di Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara menerima Bantuan Perahu. Pemerintah Kabupaten Muna melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) menyerahkan bantuan ini secara simbolis kepada Kelompok nelayan di Pesisir Pantai Laino, jum’at 15/09.

Bantuan Perahu Nelayan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) DKP Muna tahun 2017 yang menelan anggaran sekitar Rp. 1 Miliar, adapun jenis perahu yang diperoleh Kelompok Nelayan ini yakni perahu fiberglass dengan panjang 8 meter dan luas 90 Cm yang dilengkap semua fasilitas baik mesin 5, 5 PK , serta alat tangkap ikan.
Penyerahan tersebut, dihadiri Kepala DKP Muna Drs La Untu, La Kira SPI selaku Kepala Bidang Budidaya Perikanan DKP Muna, serta La Nusu Kepala Kelurahan Kecamatan Bata Laiworu serta 165 nelayan yang tergabung dalam 33 kelompok penerima bantuan.

Sebanyak 33 Unit Perahu yang diberikan kepada Kelompok Nelayan ini berstatus Hibah, dan syarat untuk meperoleh bantuan ini adalah Kelompok Nelayan yang telah memiliki SK Bupati.

sebanyak 33 Unit Bantuan Perahu Nelayan di Salurkan Pemda Muna melalui DKP Kabupaten Muna

Menurut La Untu, Kepala DKP Muna, Kelompok Penerima Kapal dipilih sesuai proposal yang diterima pemerintah dan telah melalui verifikasi di lapangan. “ Mereka terdiri dari nelayan yang selama ini hanya menjadi pekerja di kapal nelayan, atau nelayan memiliki yang hanya memiliki perahu sampan” katanya saat memberikan Bantuan Perahu Nelayan ini secara simbolis kepada Kelompok Penerima.

Dikatakannya, Pemerintah berharap dengan adanya bantuan ini nelayan dapat terbantu secara ekonomi, “ Perahu Nelayan ini dihibahkan pemerintah dengan harapan mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini nelayan semakin terbantu untuk meningkatkan taraf perekonomianya” Ujar Drs La. Untu.

Menurut Kepala DKP Muna, masyarakat Nelayan Identik dengan kemiskinan akibat kurangnya Fasilitas bagi dari segi sarana dan parsaranan yang dimiliki, “ Dengan adanya bantuan ini kami berharap agar agar nelayan dapat lebih efektif kedepannya” tuturnya.

Meski bantuan ini berstatus hibah, Kata La Untu pemerintah juga tidak melepas begitu saja bantuan ini “ Kita tidak melepaskan begitu saja bantuan ini terhadap kelompok nelayan, kami tetap akan terus mengontrol bantuan ini” Tegas kepala DKP Muna ini.

Ditempat yang sama, La Kira, S.Pi selaku Kabid Budidaya Perikanan juga berharap Bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik – baiknya oleh Kelompok Nelayan penerima bantuan, “ Saya berharap kepada puluhan nelayan yang mendapatkan bantuan ini agar tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan hasil tangkap ikan agar lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” ujar pria jebolan UHO ini.

Samrun (36) salah satu kelompok nelayan penerima bantuan yang berasal dari Kecamatan Bata Laiworu yang tinggal dipesisir pantai Laino, mengaku bersyukur atas adanya bantuan yang baru kali ini didapatnya dari Pemerintah Kabupaten Muna. “Selama ini saya hanya mengunakan perahu sampan dan hanya bisa memancing dipesisir saja, Dengan adanya bantuan ini saya mengucapkan terimah kasih kepada pemda Muna dan DKP, ” ujar warga ini.

Kontributo :Bensar
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY