Laworo, Koran Sultra – Pendaftar Siswa baru di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tikep, berlokasi di Kelurahan Waumere, Kecamatan Tikep, Kabupaten Muna Barat (Mubar), membludak, yakni melebihi kuota yang telah ditentukan Dinas Pendidikan (Diknas) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal ini, sebagaimana dikemukakan Kepala SMAN 1 Tikep, Kadir Masalesi, S.Pd, kepada Koran Sultra, Senin (10/7). “Ya, Alhamndulillah animo Masyarakat untuk mendaftarkan anaknya di SMAN 1 Tikep cukup tinggi. Ini terbukti, di tahun 2017 ini, pendaftar Siswa baru melebihi kuota atau kapasitas yang telah ditentukan pihak Dinas Pendidikan Propinsi Sultra, yakni 215 orang. Sedangkan yang melakukan pendaftaran mencapai kurang lebih 222 Siswa,” Ujarnya.

Lanjut Ia mengatakan, untuk penerimaan Siswa baru tersebut, atau dikenal sebagai kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), akan berlangsung selama 3 (tiga) hari, yakni sejak (13-15/7) di SMAN 1 Tikep. “Dalam masa penerimaan, Siswa baru diberi pandangan atau pemahaman terkait gambaran secara umum terkait lingkungan sekolah (Dinamika sekolah). Dan pemberian pemahaman tentang tata tertib, etika, dan moral yang harus dimiliki Siswa. Termasuk wawasan nilai- nilai Kebangsaan atau Kewarganegaraan,” Ungkap Kasek Kadir Masalesi.

Ia menambahkan, setelah masa penerimaan, Siswa baru tersebut, langsung menyesuaikan dalam mengikuti segala program, yakni proses pendidikan atau pemebinaan di sekolah, baik itu di bidang akademik maupun non akademik.

Ia juga mengakui jika saat ini kondisi SMAN 1 Tikep terbilang masih minim ruang belajar Siswa. Dimana SMAN 1 Tikep saat ini memiliki 20 Rombongan Kelompok Beljar (RKB). Yang idealnya harus tersedia 21 RKB, dengan kapasitas yang dapat menampung kurang lebih 626 Siswa. “Mengatasi kekurangan ruang belajar tersebut, sebagai alternatif, untuk tempat belajar Siswa menggunakan gedung yang dibangun atau dibuat atas program PNPM Mandiri. Atas kondisi ini, Kami berharap agar ada perhatian dari pihak Pemerintah, demi untuk lebih mendorong atau meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN 1 Tikep,” tutupnya.

Kontributor : Ronas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY