Upacara Hardiknas
Unaaha, Koran Sultra – Pemerintah kabupaten konawe menggelar Uapacar dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional (HARDIKNAS) dihalaman kantor Bupati selasa pagi (02/05).

Bupati konawe kery saiful konggoasa langsung bertidak sebagai pemimpin upacara.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut wakil bupati, sekda anggota dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten konawe,jajaran kepolisian resort konawe,jajaran intansi pendidikan dan kebudayaan,SKPD,ketua PGRI kabupaten konawe,para guru dan pelajar sekabupaten konawe.

Dalam sambutan menteri pendidikan dan kebudayaan yang dibacakan oleh bapak bupati konawe,menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada insan pendidikan diseluruh tanah air atas pengabdian dan pengorbanan mereka selama ini,walaupun disana sini masih banyak menimbulkan masalah dan ketidak puasan.Di harapkan ketidak puasan serta masalah tersebut dapat melipat gandakan energi,kehendak dan ikhtiar kita agar mampu membuat terobosan-terobosan baru.

Peringatan Hardiknas tahun ini mengambil tema percepatan pendidikan yang merata dan berkualitas.tema tersebut berkaitan erat dengan fenomena dunia saat ini yang sangat cepat dan menginginkan perubahan yang berkualitas.oleh karena itu kemendibud mengajak untuk meresapi dan menghayati tema tersebut lalu mewujudkan bersama-sama dengan demikian seluruh lapisan masyarakat akan dapat menjangkau layanan pendidikan yang berkualitas.

Dengan pendidikan berkualitas yang merata,maka makna tersebut dapat dikenyam oleh seluruh warga bangsa, sehingga ikhtiar kita mencerdaskan kehidupan berbangsa yang diamanatkan oleh undang-undang 1945 dapat terwujud.

Setiap kita memperingati Hardiknas kata bupati konawe sebagaimana mengutip perkataan kemendibud,kita tidak pernah lupa akan sosok ki hajar dewantara,karena hari pendidikan nasional didasari dengan hari kelahirannya. Beliau dilahirkan pada tanggal 2 mei 1889 dan beliau telah disepakati sebagai bapak pendidikan nasional.

Dengan tanpa maksud mengecilkan peran para tokoh pendidikan yang lain,peran ki hajar dewantara pada awal perintisan pendidikan nasional memang sangat besar.Baik berupa gagasan,pemikiran dan terawang masa depan,oleh sebab itulah gagasan dan pemikiran beliau tetap relevan dan menjadi acuan bagi pembangunan pendidikan nasional kita.

Beberapa gagasan dan pemikiran ki hajar dewantara diantaranya panca darma yaitu pendidikan perlu berawal dari lima dasar yaitu kemerdekaan,kodrat alam,kebudayaan,kebangsaan dan kemanusiaan.kemudian “kons 3″yaitu penyelenggaraan pendidikan harus berdasarkan kontiunitas,konvergensi dan konsentris dalam arti proses pendidikan harus berkelanjutan,terpadu dan berakar dibumi tempat berlangsung pendidikan.Lalu “tripusat pendidikan”yakni pendidikan hendaklah berlaku di tiga lingkungan yakni keluarga,sekolah dan masyarakat.ketiga lingkungan ini saling berhubungan tidak busa dipisahkan satu sama lainnya.

Gagasan pemikiran ki hajar dewantara itulah menjadi kerangka acuan pemerintahan presiden indonesia joko widodo didalam bidang pendidikan, dalam visi presiden masa depan bangsa indonesia adalah sangat ditentukan oleh generasi dimasa kini yang memiliki karakter dan fisik yang kuat serta menguasai bidang keterampilan hidup,profesi diabad ke-21,dalam rangka mewujudkan visi tersebut kementrian pendidikan dan kebudayaan melakukan reformasi pendidikan nasional baik dalam tatanan konseptual maupun manajarial,dalam tatanan konseptual sekarang sudah diupayakan agar pendidikan karakter kembali menjadi pondasi dan ruh pendidikan nasional untuk itu pendidikan karakter harus dimulai dan menjadi program pendidikan dasar kemudian untuk jenjang pendidikan lebih lanjut harus konduktif.hanya pendidikan karakter yang kuat dan kemampuan berdaya saing tinggi peserta didik masa kini mampu membawa bangsa indonesia berdiri tegak sejajar dengan bangsa lain.”ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut pula pemerintah daerah kabupaten konawe memberikan penghargaan kepada siswa dan siswi yang berprestasi pada ajang lomba olimpiade sains nasional tingkat kabupaten konawe.

Kontributor : Nasruddin
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY