Permandian Kahagi
Laworo, Koran Sultra – Permandian Kaaghi, terlatak di desa Lakanaha, Kecamatan Wadaga, Kabupaten Muna Barat (Mubar), memiliki potensi besar untuk menjadi objek wisata daerah. “ suasana permandian Kaaghi cukup menarik. Dimana, selain kondisi air yang jernih, juga lokasi (area) permandian Kaaghi sangat strategis, yakni tidak terlalu jauh dari tempat pemukiman warga,” Ujar Yuslianti (25), warga setempat.

Lebih lanjut Ia mengatakan, permandian Kaaghi kini cukup ramai dikunjungi oleh Masyarakat sekitar, termasuk sejumlah wisatawan dari luar daerah. Hal itu, disebakan permandian yang berlokasi dengan jarak sekitar 300 meter (m) dari jalan poros Lakanaha- Marobea itu, memiliki daya tarik tersendiri. Yakni, suasana permandian yang alami dan sejuk. Yang dihiasi dengan air tawar yang mengalir deras, dan di sekitar air tersebut, dikelilingi pepepohonan besar dan rindam. “Suasana di sekitar permandian (Kaaghi, red) sangat sejuk, dan nyaman. Ini menjadi tempat rekreasi yang cukup menarik. Karena selain menikmati suasana alam yang indah, juga bisa mandi- mandi atau berenang,” Ungkapnya.

Ia menambahkan, agar ke depan permandian Kaaghi lebih menarik perhatian para pengunjung baik Masyarakat local maupun wisatawan dari luar daerah. Penting dilakukan pengelolaan atau penataan dengan baik, oleh pihak Pemerintah daerah (Pemda) setempat. Yakni penyedian tempat istrahat bagi para pengunjung, termasuk MCK, dan sarana penunjang lainnya. “Kalau sudah dikelolah dengan baik, jelas permandian Kaaghi akan terus ramai dikunjungi, baik pengnjung local maupun dari luar. Ini juga jelas bisa memberi kontribusi terhadap pembangunan daerah, melalui PAD,” Pungkasnya.

Kontributor : Ronas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY