Salah satu mobil Off-Road eXpedition (IOX) Celebes 2017 Foto: Israil Yanas

Lasusua, Koran Sultra – Peserta Indonesia Off-Road eXpedition (IOX) Celebes 2017 berhasil taklukkan Medan Ekstrim Gunung Tobela yang berliku dan mendaki diKecamatan Porehu Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara dengan ketinggian 1.850 mdpl. 8 kendaraan jep IOX Celebes 2017 didampingi 3 kendaraan Jip dari Club Jep Kolaka Utara (Kolut) Adventure Senin (10/10) malam tiba dengan selamat.

Pengurus Club Jip Kolut, Fahmi mengatakan peserta IOX Celebes 2017 kemarin siang tiba dan langsung masuk kepantai tempat wisata Berova untuk istirahat. sekitar pukul 14.30 wita Peserta IOX berangkat menuju desa Porehu Kecamatan Porehu Kolaka Utara.
” 3 mobil jep dari Club Jep Kolaka Utara Adventure hanya mendampingi dan mencoba medan yang sangat ekstrim dengan jalan berlumpur akibat diguyur hujan,” ujarnya.

Dimulai pendakian pertama antara desa Porehu dan desa Tobela peserta IOX Celebes 2017 mulai melalui jalan ekstrim dan pendakian yang licin. untuk menstabilkan kendaraan dan perbaikan peserta istirahat dan mandi diair terjun Matabundu diKecamatan Porehu.

“Peserta IOX Celebes 2017, melanjutkan perjalanan kePuncak Gunung Tobela dengan ketinggian 1.850 mdpl sampai subuh,” Katanya.

Ada hambatan dalam perjalanan 8 kendaraan Jep IOX Celebes 2017 karena tidak semua Kendaraan didukung mesin yang stabil menaklukkan jalan dan pendakian yang ekstrim. ada beberapa kendaraan peserta ditarik saat mendaki karena memang kendaraan memiliki kelas yang berbeda. ujarnya.

“Dipuncak gunung Tobela peserta mendirikan tenda dan bermalam dengan cuaca yang dingin,” ujarnya
Saat Selasa (10/10) pagi dipuncak gunung Tobela terlihat pemandangan indah Danau Towuti dan Teluk Bone dengan hamparan Kabut tebal bagaikan negeri diatas awan. ingin rasanya akan kembali kepuncak ini untuk melihat pemandangan yang menakjubkan.

Disisi lain 3 kendaraan Club Jep Kolut Adventure yang melakukan pendakian yang sangat ekstrim masih bisa sampai bersama peserta IOX Celebes 2017, namun sayang salah satu kendaraan Clup Jep Kolut Adventure mengalami gangguan mesin.

Setelah persiapan peserta IOx Celebes w017 kembali melanjutkan Expedisi menuruni puncak Tobela melalui Porehu, Sarambu, Larui, Loka dan berakhir diKecamatan Tolala perbatasan Sultra-Sulsel. ujarnya.
‘Rute perjalanan peserta IOX Celebes 2017 disultra, star dari Kendari, menelusuri Taman Rawa Opa berlanjut keBombana, Kolaka, Kolut Sultra, Malili, Soroako, Tentena, Toraja, Enrekang, Bone, Bulukumba, Dan Finis di Makassar Sulsel,” ungkap Fahmi

Kami berharap dengan Expedisi IOX Celebes 2017 ini, adalah awal terbentuknya Pengurus Cabang (Pengcab) Kolut Indonesia Off-roader Federation (IOF). Ketua terpilih IOF Kolut, Darwis Asri,SH.MH dan Sekertaris disandang Fahmi M. Nur, S.Hut, mari bergabung di IOF Kolut. ungkapnya

Kontributor : Israil Yanas

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY