Sosialisasi terkait pilkades serentak di kolaka foto: Asri Joni
Sosialisasi terkait pilkades serentak di kolaka foto: Asri Joni

KOLAKA, KORAN SULTRA-Sebanyak 24 Desa yang tersebar di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, bakal melakukan Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak yang akan digelar sekitar pertengahan bulan mei 2017 mendatang.

Hal itu ditandai dengan sosialisasi yang dilaksanakan oleh pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kolaka baru baru ini. Sosialisasi itu, jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dibulan Mei 2017 mendatang.

Kadis PMD Kolaka, melalui Kabid Pemerintahan Desa Abdullah Badi, mengatakan, sosialisasi tersebut, merupakan rangkaian penyambutan Pilkades serentak di Kolaka.

“Kita menginginkan agar pilkades serentak yang digelar tahun ini bisa berjalan sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku,” kata Abdullah Badi di saat usai menggelar sosialisasi di Desa Anawua, Kecamatan Toari, baru baru ini.

Karena waktu pelaksanaannya yang direncanakan bulan Mei, maka kata Abdullah, semakin dekat. Untuk itu dalam sosialisasinya, ia menjelaskan mulai dari pembentukan panitia pilkades, penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Tetap (DPT).

”Sementara itu tahapan yang bakal dilalui dalam Pilkades Serentak yakni, penjaringan bakal calon kades nantinya, penetapan calon kades, pemungutan suara, penghitungan suara, penetapan kades terpilih, kemudian persiapan untuk pelantikan kepala desa terpilih nantinya,” jelas abdullah.

Camat Toari Sabaruddin, mengatakan, sosialisasi tahapan pilkades yang digelar saat ini, bakal melibatkan semua pihak yang terkait di daerah tersebut, utamanya masyarakat Desa Anawua. Sebab, pilkades yang akan digelar nanti kata dia, bakal ditentukan oleh masyarakat selama enam tahun kedepannya.

“Selain sosialisasi tahapan pilkades ini, kami juga akan membentuk secepatnya ke panitaiaan dalam Pilkades Anawua. Keanggotaanya itu adalah anggota BPD Desa Anawua, yang berjumlah minimal Tujuh orang anggota,” ujarnya.

Kata Plt Desa Anawua itu, Tujuh orang panitia Pilkades tersebut, yang akan menyeleksi siapa- saiapa yang bakal menjadi calon kepala desa dalam pilkades nanti. Sebab, kata dia dari ke lima anggota BPD, dua diantaranya ikut bertanggung jawab pada Pilkades Anawua.

Kontributor : Asri Joni
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY