ilustrasi
ilustrasi

Unaaha, Koran sultra – Tingginya intensitas pemadaman lampu beberapa waktu lalu menimbulkan tanda tanya bukan hanya dikalangan masyarakat pengguna listrik rumah tangga namun lebih dari itu pengguna listrik dikalangan usaha juga merasakan hal yang sama.

Tingginya konsumsi Listrik di Kabupaten Konawe kini telah dapat teratasi. bahkan menurut informasi yang diperoleh, diketahui bahwa Daya Listrik di Konawe Suprlus hingga mencapai 1 Mega Watt, sehingga dapat memenuhi seluruh permintaan daya listrik ke masyarakat. hal ini diungkapkan Minggus, Kepala PLN Rayon Unaaha saat ditemui diruang kerjanya kemarin.

Dirinya memaparkan sejumlah kendala yang dialami oleh PLN sehingga terjadi pemadaman lampu. salah satu diantaranya adalah gangguan eksternal seperti faktor cuaca yang memasuki musim penghujan saat ini sangat memungkinkan terjadinya gangguan.

“gangguan oleh faktor cuaca merupakan hal yang tidak bisa dihindari sebab ini diluar kemampuan kami.” ungkapnya

Dikatakannya, Perkembangan teknologi dibidang kelistrikan dengan lebih mengedepankan keamanan dan kontinuitas suplay listrik ke masyarakat oleh PLN membuat sistem yang ada di Pembangkit Listrik harus memutus aliran listrik secara otomatis jika terjadi gangguan, guna mengamankan peralatan kelistrikan PLN.

PLN Rayon unaaha, bahkan telah melakukan antisipasi untuk meminimalisir terjadinya gangguan dengan membentuk tim zero pohon, dimana tim dibagi dalam beberapa titik, untuk melakukan pembersihan pohon yang kemungkinan dapat mengganggu suplay listrik ke masyarakat. Jelasnya.

Soal terjadinya pemadaman ini penjelasan PLN “Bukan karena padam disengaja namun lebih banyak dipengaruhi oleh faktor eksternal atau gangguan dari luar ” Terjadinya short circuit yang dipengaruhi oleh faktor – faktor yang tidak dapat diprediksi, sehingga ketika short circuit terjadi penyulang akan jatuh dan terjadi lampu padam” katanya lagi.

Hingga saat ini PLN Rayon unaaha terus berbenah bukan hanya di sistem kelistrikan namun lebih dari itu termasuk kemungkinan gangguan dari luar sistem sehingga diharapkan suplay listrik ke masyarakat bisa berjalan secara kontinyu dan tidak lagi terjadi pemadaman.

PLN menghimbau masyarakat dapat berperan aktif mengatasi pemadaman dengan melaporkan kepada pihak PLN jika terjadi gangguan sehingga penanganannya dapat lebih cepat.

Kontributor : Rahmat
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY