Foto bersama Jajaran Personel Bhabinkamtibmas Polsek Kemaraya, bersama Polisi Jepang, Tanaka Yoshitaka, di Mapolsek Kemaraya, Rabu (9/11), (Foto : Yan/KoranSultra,com)
Foto bersama Jajaran Personel Bhabinkamtibmas Polsek Kemaraya, bersama Polisi Jepang, Tanaka Yoshitaka, di Mapolsek Kemaraya, Rabu (9/11), (Foto : Yan/KoranSultra,com)

KENDARI, KoranSultra.com-Kepolisian Jepang yang diwakilkan oleh Tanaka Yoshitaka yang didampingi penerjemah Mr Ari, melakukan kunjungan kerja ke Markas Kepolisian Sektor (Polsek) Kemaraya, Rabu (9/11).

Kedatangan Kepolisian dari Negara Matahari Terbit, Jepang yang biasa disebut JICA (Japan International Cooperation Agency), untuk melakukan pengecekan kinerja Kepolisian Indonesia dalam hal ini adalah Program DDS (door to door system) dan Problem Solving / Pemecahan Masalah.

Kapolsek Kemaraya, IPTU Jimy Fernando mengatakan, tujuan kedatangan perwakilan dari Polisi Jepang ini merupakan Follow up supervisi kinerja Binmas. Kunjungan ini merupakan in house training ke Polsek Kemaraya, sebagai satu projek Bhabinkamtibmas terhadap Polres Kendari.

“Mereka datang bersama tim melakukan monitoring terhadap program Bhabinkamtibmas. Program Polri selain kunjungan, juga dilakukan door to door ke rumah warga guna mendekatkan pelayanan Polri ke warga, juga menampung keluhan-keluhan warga,” jelasnya, Rabu (9/11).

Kapolsek menambahkan, sebelumnya sudah dilakukan pelatihan terhadap anggota Bhabinkamtibmas Polsek Kemaraya, di Bekasi Jawa Barat pada Mei 2016. Sehingga ini merupakan bagian dari evaluasi dan bentuk penilaian sejauh mana program yang sudah disosialisaikan untuk diterapkan.

“Untuk Polres Kendari, wilayah hukum Polsek Kemaraya tepatnya di Kelurahan Sanua, terpilih sebagai projek Bhabinkamtibmas. Alasan terpilihnya Polsek Kemaraya sebagai Polsek percontohan, karena struktur sosial dan lingkungan yang berada di wilayah Kecamatan Kemaraya memiliki banyak potensi dan baik untuk dikembangkan, baik SDM dan SDA,”ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Jimy, fungsional dan kinerja Bhabinkamtibmas Polsek Kemaraya dinilai sudah cukup baik. Hal itu terlihat dari hubungan kedekatan antara masyarakat dan anggota Bhabinkamtibmas yang berada disuatu wilayah.

“Karena DDS dan Problem Solving juga merupakan tugas pokok fungsi dari Satuan Binmas khususnya Bhabinkamtibmas. Maka sudah menjadi tanggung jawab kami untuk bisa mewujudkan citra yang baik terhadap masyarakat dan dapat tampil untuk menjadi pelindung mereka,”pungkas perwira dengan pangkat dua balok dipundaknya itu, IPTU Jimy Fernando.

Editor : Yan
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY