2
Lasusua, Koran Sultra – Pt. Geo Parner Indonesi (GPI) diduga melakukan pencurian Ore Nikel di wilayah IUP Pt. Vale (inco) di desa Lelewawo (Laburino) Kecamatan Batu Putih Kabupaten Kolaka Utara Provensi Sulawesi Tenggara sebanyak dua tongkang (ponton). Pengangkutan Ore Nikel ini tidak memiliki izin maupun rekomendasi dari Pihak Dinas Pertambangan Provensi.

Staf Dinas Pertambangan Provensi, Hasbullah yang dikonfirmasi media lewat hand phonnya menjelaskan, sampai saat ini PT. Geo Parnet Indonesia tidak terdaftar secara administrasi untuk pengambilan Rekomendasi pengambilan Ore Nikel.

“Sampai saat ini tidak ada satupun rekomendasi di Kabupaten Kolaka Utara yang dikeluarkan rekomendasi pengambilan Ore Nikel,” ujarnya.
1

Malahan dia tidak mengetahui Pt. GPI mengurus rekomendasi ini dan baru mendata Perusahaan tersebut. Yang jelas lanjutnya, banyak yang mengurus rekomendasi hanya saja masih dalam proses.

Pantauan media, Kapal tongkang dua unit dari Pomalaa Kabupaten Kolaka sudah berlabu di wilayah Desa Lelewawo Kabupaten Kolaka Utaradan sudah melakukan pemuatan dua tongkang. Tongkang pertama dengan daya angkut 7.000 ton dengan muatan ore nikel 5.000 ton sudah selesai hari Senin (27/03) kemarin sementara tongkang kedua dengan kapasitas yang sama saat ini Selasa (28/03)sudah hampir penuh. Informasinya tongkang tersebut akan diberangkatkan dengan Izin kepala Syahbandar Kolaka Ilham yang berlayar malam ini dari Kolaka Utara menuju Kabupaten Morowali Provensi Sulawesi Tengah.

Sementara Kades Lelewawo Jubair. T yang dihubungi telpon selulernya selasa (28/03) mengatakan dirinya baru disampaikan secara lisan sementara Rekomendasi resminya akan menyusul.

“Saya akan mengecek kelokasi karena ini membahayakan diri saya apabila tersangkut masalah hukum” katanya.

Pengawas Lapangan Pt. GPi Kadek mengatakan, saya tidak mengetahui Izin maupun Rekomendasi pengangkutan ini, coba kita tanyakan ke H. Haeruddin Paleo (abah) kemungkinan dia yang mengetahui semua izinnya.
“Alat berat berupa 3 Exkapator dan 6 kendaraan semua milik Haeruddin Paweloi,” ujarnya

Kontributor : Israil Yanas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY