tampak puluhan ikan lumba - lumba diperairan Kolaka Utara, foto : Israil yanas
tampak puluhan ikan lumba – lumba diperairan Kolaka Utara, foto : Israil yanas

Lasusua, Koran Sultra – Ikan lumba-lumba jarang ditemukan di dekat pesisir pantai apalagi masuk keteluk Lambondala Desa Totallang Kecamatan lasusua Kabupaten Kolaka Utara. Sekitar 30 ekor ikan lumba-lumba bermain diteluk tersebut. Minggu (02/10).

Menurut Masdar (34) Nelayan warga Desa Sulaho, sekitar pukul 11.00 wita pagi, 30 ikan lumba – lumbamenepi diTeluk Lambondala terlihat saling kejar – kejaran. Ikan mamalia ini kemungkinan kepanasan karena saat ini cuaca sangat panas.

“Baru kali ini ada ikan lumba-lumba yang menepi, biasanya ikan lumba-lumba bermain jauh di luar teluk biasanya didepan Rumah karang Pasitoddo Desa Pitulua Kecamatan lasusua yang ditempuh sekitar 1 jam perjalanan naik Perahu (katinting).” Katanya.

Biasanya ikan lumba-lumba tidak mau kalau kami mendekat, namun kali ini ikan tersebut tidak terusik dengan kehadiran kami, padahal jaraknya sekitar 2 meter. Diteluk Labondala cuacanya dingin dan banyak pepohonan.

“Kemungkinan Ikan lumba-lumbanya kepanasan, karena sore hari ikan tersebut sudah tidak ada satupun di areal Teluk itu,” katanya.

Kontributor : Israil Yanas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY