Suasana Pembukaan Raimuna Kedua di Kolaka Utara, foto : Israil Yanas
Suasana Pembukaan Raimuna Kedua di Kolaka Utara, foto : Israil Yanas

Lasusua, Koran Sultra – Sebanyak 1.326 anggota Pramuka Penegak dan Pandega se-Provensi Sulawesi Tenggara mengikuti acara Raimuna 2016 di Bumi Perkemahan Pantai Wisata Berova dari tanggal 21 hingga 28 November 2016. Keseluruhan peserta merupakan perwakilan masing masing Kabupaten Provensi Sultra. Ketua Ketua Kwarda Sultra Laliasa Pembukaan Raimuna ke dua. Pembukaan Raimuna ini juga, bersamaan hari Ulang Tahun Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud yang Ke- 54. Senin (21/11).

Raimuna adalah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega yang merupakan gabungan dari kegiatan Perpanitra (Pertemuan Pramuka penegak dan Pandega Putri – Putra), Peran Saka ( Perkemahan Antar Satuan Karya), dan Perkemahan Wirakarya. Sehingga Raimuna merupakan kegiatan pertemuan besar dengan berbagai aktivitas yang bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif, dan rekreatif dalam bentuk perkemahan.

Ketua Kwarcab Kolut Rusda Mahmud Dalam sambutannya, Pramuka Saat ini maju pesat dan Pramuka merupakan ajang kreasi bagi Pramuka Penegak dan Pandega dimana mereka akan bisa memunculkan hasil karya yang nantinya akan bermanfaat terhadap masyarakat sekitar. Para peserta juga dituntut agar bisa bekerja sama serta bertukar wawasan sehingga nantinya mereka akan bisa menjadi Pembina bagi rekan rekannya baik disekolah, dilingkungan keluarga maupun dimasyarakat.

“Lokasi Raimuna ini dulunya rawa sampai dikaki gunung, setelah ditata dan dibuka akses jalan, nampaklah Lokasi Pantai Wisata Berova berubah tempat yang cocok untuk perkemahan Pramuka,” kata Bupati Kolaka Utara ini.

Ketua Kwarda Sultra Laliasa mengatakan Raimuna Pertama dilaksanakan Kabupaten Muna Tahun 1986 dan kurang lebih 30 tahun diadakan kembali diKabupaten Kolaka Utara tahun 2016 ini. Kabida dipimpin oleh gubernur Nur Alam dan Nur Alam Sudah menjadi Anggota Pramuka sebelum Jadi Gubernur.

“Majunya Pramuka ditingkat Kwarcab Kabupaten Tergantung siapa Bupatinya dan siapa Walikotanya,” katanya

Kabupaten Kolaka Utara Pramuka yang maju pesat Karena di dukung Penuh Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud, ini yang perlu dicermati Pramuka akan berkembang apabila Gubernur berikutnya adalah Anggota Pramuka.

“saya salut dengan Adik Rusda, dengan Adanya Raimuna ke dua 2 inji,Lokasi Wisata Berova berubah menjadi lokasi perkemahan yang bisa menampung lebih dari 1.326 anggota Pramuka,” katanya

Upacara pembukaan Raimuna Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang dihadiri oleh perwakilan dari Kabupaten lain.

Kontributor : Israil Yanas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY