Laworo, Koran Sultra – Kabupaten Muna Barat (Mubar) sebagai Daerah Otonom Baru (DOB) di Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini tepat berusia 3 (tiga) tahun. Dalam perjalanannya, Pemerintahan di Kabupaten Muna Barat dibawa Kepemimpinan Bupati LM Rajiun Tumada dan Wakil Bupati Achmad Lamani dinilai sukses dalam menata atau meletakan dasar- dasar Pemerintahan dan Pembangunan di Muna Barat. Hal ini diakui Laode Andi Muna, S.Sos, M.Si, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Muna Barat, ketika berbincang dengan awak Koran Sultra baru- baru ini, di ruang kerjanya.

“Diusia 3 (tiga) tahun (Mubar), pembangunan di Muna Barat disemua sektor, saat ini sudah nampak dan telah dirasakan oleh masyarakat, terutama terobosan pembangunan di bidang infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan irigasi. Termasuk pembangunan di bidang lainnya, yakni pendidikan, kesehatan, keagamaan, kemasyarakatan dan social budaya dimana telah terbentuknya Lembaga Adat Kabupaten Muna Barat.

Keberhasilan Rajiun tidak saja dibidang pembangunan fisik tetapi juga mampu membangun stabilitas keamanan daerah. Ini tentunya berkat kecerdasan dan kepiawaian LM Rajiun Tumada sejak menjabat sebagai Pj Bupati, bersama Achmad Lamani menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Mubar dalam membina hubungan koordinasi dan harmonisasi dengan pihak penyelenggara keamanan dalam hal ini TNI dan Kepolisian. Keduanya (Bapak LM Rajiun Tumada- Achmad Lamani) memiliki kemampuan Leadership (Kepempinan), dan visioner. Hingga percepatan pembangunan di Mubar berhasil dilakukan. Bahkan Rajiun Sang Pelopor Pembangunan Muna Barat mampu menjawab dan memenuhi kebutuhan masyarakat,” Ujar Andi Muna sang Inisiator dan pejuang terbentuknya DOB Kabupaten Mubar ini.

Menambahkan, sejumlah pembangunan fenomenal ditangan Bupati LM Rajiun, yakni pembangunan jalan Ring Road (jalur lingkar) Kota Laworo. Termasuk Pengoperasian kembali Bandara Udara (BU) Sugimanuru sebagai sarana transportasi udara. Yang saat ini telah dioperasikan 2 (dua) maskapai Penerbangan, yakni Wings Air dan Garuda Indonesia. “Keberhasilan pembangunan di Mubar, juga tidak terlepas peran Bapak Achmad Lamani sejak menjabat sebagai Sekda Mubar. Dimana Beliau (Achmad Lamani, red) selain dinilai mampu menjabarkan konsep atau arah kebijakan Bapak LM Rajiun Tumada. Juga matang di bidang Pemerintahan (birokrasi), termasuk memiliki kemampuan Manajerial yang baik. Hingga berhasil menata pemerintahan (birokrasi) di Mubar dengan baik,” Pungkasnya. (Adv/Rns)

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY