4
Kolaka, Koran Sultra – Tidak sedikit masyarakat, keluhkan retribusi parkiran kendaraaan roda dua di Pasar Lamekongga Kabupaten Kolaka yang dilakukan oleh sejumlah oknum yang mengatasnamakan dirinya sebagai perpanjangan tangan dari Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), baru – baru ini.

Menurut Hamsah, koordinator Parkir Pasar Dispenda, hal ini sebenarnya harus ditindak lanjuti karena tidak memenuhi standar operasional yang ada, apalagi mereka ini preman-preman pasar. Ironisnya lagi, di antara mereka ada tukang becak juga turut dilibatkan untuk menarik retribusi parkiran, Ungkapnya saat di temui awak media Koran Sultra, kemarin.

“Sangat disayangkan, jika preman-preman pasar itu yang diberdayakan sedangkan di sisi lain masih banyak anak magang kami dari Dispenda yang nganggur”, Ujarnya.

Disisi lain, kepala pasar, Nasaruddin (Cudi), mengatakan bahwa dirinya sudah dibekali surat tugas masing-masing hingga mereka dipekerjakan, selain itu kami berdasarkan petunjuk kabid Penagihan, Laode Popi yang kemudian dibekali legis pembayaran dari Dispenda. Ungkapnya saat dikonfirmasi via telpon selulernya.

Sementara itu, Kabid Pajak dan Retribusi, Ukkas, SE., M.Si mengatakan, pihaknya berhak memungut retribusi meskipun tidak tempat parkiran khusus di dalam pasar karena aturannya bahwa setiap kendaraan yang sudah masuk areal pasar maka hal itu sudah dapat dikenakan retribusi. Ungkapnya

Dirinya akan mengatasi preman-preman itu setelah dirundingkannya dengan pihak-pihak yang terkait di dalamnya, lagian preman seperti itu sebenarnya kita perlukan untuk mencegah pelaku parkiran liar dan yang membangkan pada khususnya. Lanjutnya.

Menurut LSM JPKP Kolaka, Andi, jika memang disitu harus ada pungutan kenapa malah tidak disediakan tempat parkiran tertentu, hingga kendaraan parkiran tersebut dapat di arahkan ke satu tempat. Lagi pula dasar retribusi khusus di dalam pasar itu masih perlu dikaji dengan baik. Pintanya

Lanjutnya, penerapan retribusi khusus tersebut tidak selaras dengan Perda no. 5 Tahun 2011 pasal 2.d retribusi jasa usaha/tempat parkir khusus, karena di dalamnya tidak terdapat tempat parkiran sebagaimana yang dimaksud. Ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Kontributor : Hamdan
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY