Laworo, Koran Sultra – Rencana Kerja Program (RKP) Pemerintah Desa (Pemdes) Katobu, Kecamatan Wadaga tahun 2017, telah ditetapkan, berlangsung di balai Pertemuan Desa Katobu, Senin, (27/02/17). Hal ini, sebagaimana dikemukakan Kepala Desa Katobu, Nasrul S.Sos, kepada Koran Sultra, baru- baru ini. “Ya, RKP Desa Katobu tahun 2017, telah dibahas oleh Pemdes bersama Masyarakat, dengan melibatkan lembaga desa, yakni Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), termasuk Pendamping desa dan Fasilitator,” Ungkapnya.

Lanjut Ia mengatakan, pembahasan program dengan melibatkan seluruh elemen Masyarakat, dan lembaga desa tersebut, sebagai langkah strategis Pemdes Katobu dalam merumuskan atau dapat menghasilkan beberapa program unggulan berdasarkan kebutuhan atau kepentingan rakyat. Dimana rumusan program yang dihasilkan yakni, dudukan tower, mesin, sumur gali, jalan usaha tani, bibit ternak, pakaian adat, alat seni,
insentif perawat desa, bidan desa, guru Paud honorer, dan insentif penyuluh pertanian dan kesehatan.

“ Penggodokan RKP oleh Pemerintah bersama Masyarakat, dengan melibatkan organisasi atau lembaga desa, penting dilakukan. Ini selain, untuk dapat merumuskan beberapa program strategis yang pro rakyat. Juga, permbahasan RKP oleh Pemdes bersama elemen Masyarakat merupakan amanah kontitusi, sesuai Undang- Undang (UU) atau ketentuan berlaku,” Ucapnya.

Ia menambahkan, hasil rumusan atau ketetan program tersebut, akan diusulkan ke Pemerintah Pusat, untuk mendapat realisasi anggaran melalui Dana Desa (DD) 2017. “Dalam pelaksanaan atau implemnetasi program ke depan, Saya berharap agar mendapat support atau dukungan penuh dari seluruh elemen Masyarakat. Agar segala program yang dirumuskan dapat terlaksana sesuai harapan Masyarakat dan ketentuan yang ada,” tandas Kades Nasrul.

Kontributor : Ronas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY