Kondisi rumah warga yang terancam ambruk Foto: Fhyan
Kondisi rumah warga yang terancam ambruk Foto: Fhyan

LASUSUA, KORAN SULTRA– Hujan deras yang melanda Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), beberapa hari ini membuat sebagian sungai yang ada di kolut meluap.

Seperti yang terjadi di Desa Sawangaoha Kecamatan Kodeoha Kabupaten Kolut, hujan deras yang melanda Desa Sawangaoha beberapa hari ini, membuat rumah warga berdiri di bibir sungai yanris rubuh akibat luapan sungai, akabitnya, sebagian warga yang tinggal didekat sungai tersebut harus mengungsi ketempat yang lebih aman untuk menghindari banjir susulan.

Ironisnya, Pemerintah daerah (Pemda) kolut dalam hal ini instansi terkait yang menangani permasalahan tersebut, seakan-akan tutup mata dengan kondisi tersebut.

Kepala Desa (Kades) Sawangaoha Mansyur mengungkapkan, persoalan meluapnya air hingga membuat rumah beberapa warga hampir tersapu banjir, karena tidak stabilnya aliran sungai dalam hal ini tidak adanya normalisasi sungai untuk memperbaiki kondisi sungai tersebut. Akibatnya, air leluasa merambat keberbagai tempat,

“Persoalannya kan tidak perna ada normalisasi sungai,“ kata Mansyur dikediamanya, Minggu (16/4).

Kata Mansyur, pihaknya sudah perna melaporkan permasalahan tersebut kepada pihak Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kolut, untuk dilakukan normalisasi sungai, namun pihak BPBD belum perna mengambil tindakan apa-apa. Padahal, pihak BPBD sempat mengambil gambar dilokasi sungai tersebut, tapi sampai sekarang belum ada realisasi.

“Katanya anggarannya tidak ada,“ ucapnya dengan kecewa.

Menurut dia, kami bisa memaklumi persoalan anggraannya, namun kami hanya meminta kepada pihak BPBD untuk melakukan tindakan pencegahan sementara, agar warga yang bermukim di dekat sungai tidak kwatir lagi dengan banjir yang kapan-kapan bisa meluap.

“Kasihan warga kami yang telah mengungsi, mereka hanya bisa melihat kondisi rumahnya yang sebentar lagi akan tersapu banjir,“ paparnya dengan nada sedih.

Untuk itu, Mansyur berharap, agar kiranya pemda Kolut dapat memperhatikan kondisi di Desa Sawangaoha ini, dengan segera melakukan normalisasi sungai, agar masyarakat yang tinggal didekat sungai, tidak kwatir lagi dengan ancaman banjir susulan.

“Jangan hanya desa lain yang selalu diperhatikan, desa kami juga butuh perhatian,“ kesal Mansyur.

Kontributor : Fyan
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY