Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud Dok: Koran Sultra
Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud Dok: Koran Sultra

LASUSUA, KORAN SULTRA– Bupati Kolaka Utara (Kolut) Rusda mahmud, menegaskan, jika Ia selaku bupati Kolut saat ini, serta bupati terpilih Nurahman, tidak memihak dan memberikan dukungan pada salah satu calon Kepala Desa (Kades).

”Kami mendukung semua calon kepala desa,” kata Rusda Mahnud, Kamis (4/5) di lapangan aspirasi kota Lasusua saat pembukaan Deklarasi Damai dalam menjelang Pemilihahan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2107.

Dalam sambutannya, Rusda menghimbau para calon kades, agar kegiatan deklarasi damai pilkades serentak tahun 2017 itu dapat berjalan lancar dan aman. Sebab, kegiatan tersebut baru pertama kali diadakan di kolut.

“Jadi saya menghimbau pada semua untuk berperan aktif mensukseskan kegiatan tersebut. Karena ini baru pertama kali diadakan di kolut,“ ujarnya.

Dalam peyelenggaraan pilkades tersebut, lanjut Rusda, merupakan amanah Undang-Undang Desa nomor 6 tahun 2014, yang dimana dipasal 31 poin 1 dikatakan bahwa pelaksanaan pilkades tersebut secara serentak disejumlah daerah di indonesia khsususnya di Kabupaten Kolut ini. ”Ini sudah perintah dari UU Desa,“ terangnya.

Sebab menurut Rusda, Pilkades harus berdasarkan hak masyarakat secara demokrasi, dimana pasal 34 UU desa menyatakan, kepala desa dipilih langsung oleh penduduk desa.

”Calon yang terpilih adalah calon yang memperoleh suara terbanyak. Jadi bagi calon yang belum terpilih jangan patah semangat,” kata Rusda.

Untuk itu, bakal calon gubernur sultra ini, berharap dengan diselenggarakannya pilkades serentak tahun 2017, agar kiranya dapat dijadikan momentum untuk menerapkan demokrasi yang jujur, adil dan bermatabat, yang dapat mempersatukan semua untuk membangun daerah yang kita cintai ini.

”Saya ucapkan selamat pada calon kades yang akan bertarung untuk menduduki kursi nomor 1 di pemerintahan desa,“ tutur Rusda.

Kontributor : Fyan
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY