Wakatobi, Koran Sultra –Jelang pilkada serentak tanggal 9 Desember mendatang, Kapolda Sulawesi Tenggara, Brigjen Polisi (Brigjenpol) Drs. Agung Sabar Santoso, SH., MH sambangi Wakatobi. Dalam kunjungannya, Kapolda tidak mempredikis Wakatobi sebagai salah satu daerah rawan konflik pilkada. Meski ada sejumlah riak-riak namun hal itu masih dalam kategori aman.

Ia juga tak lupa menekankan kepada seperangkat tim pilkada Wakatobi tahun 2015 untuk tetap fokus dan tidak terpancing dengan suasana yang berpeluang melahirkan konflik. Tak hanya itu, Brigjenpol, Agung mengancam apabila ada sejumlah anggota yang terlibat dan mencederai pesta demokrasi pertama yang dilakukan serentak di Indonesia ini akan dimutasi.

“Kalau untuk di Wakatobi dari sejumah laporan yang saya terima semuanya masih aman meski sudah adar riak-riak namun hal itu bukan sesuatu yang dianggap rawan. Untuk mengantisipasi kerawanan konflik maka sejumlah personil siap dikerahkan untuk mem back up Polres,” ujarnya.

Meski personil masih dianggap kurang, namun dia percaya keamanan pilkada bukan hanya tanggungjawab pihak kepolisian semata melainkan semua pihak, terutama kedua paslon bupati dan wakil bupati Wakatobi Selain itu, Agung kembali menekankan kepada Ketua KPU untuk tidak memperbolehkan personil mengangkat atau memegang dengan alasan apapun dalam pergeseran logistik.

“Anggota hanya mengawal bukan mengangkat, mohon KPU ingatkan. Begitupula di TPS, personil tidak boleh mencatat karena tidak akan fokus dengan tugas utamanya. Kami juga mengharapkan kerjasama yang baik dari tokoh masyarakat, ketua RT, RW, Kepala lingkungan, kepala desa/lura, camat dan lainnya untuk memantau proses pencoblosan di TPS sehingga berjalan lancar,” tandasnya.

Demikian yang diungkapkan Agung dalam menyampaikan sambutan pada acara tatap muka yang digelar di Gedung Wanita Kabupaten Wakatobi. Agung lalu mengunjungi logistik yang saat ini masih di simpan di alua Kecamatan Wangi-Wangi Selatan. Dalam mencek logistik yang ada, Agung memantau kelengkapan surat suara dan kotak suara yang ada dengan didampingi oleh Bupati Wakatobi, Ir Hugua dan Kapolres Wakatobi, AKBP JR Manalu, SIK.

Kontributor : Surfianto Nehru

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY