Ketua Komisi I, Ansar Ahosa S.sos

LASUSUA, KORANSULTRA.COM – Pemerintah Kecamatan Ngapa bersama Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), rencananya akan mengolah sampah warga menjadi pupuk di tahun 2018 mendatang.

Hal tersebut dikatakan Ketua Komisi I, Ansar Ahosa S.sos terkait banyaknya sampah yang berserakan di jalan trans sulawesi yang dapat didaur ulang menjadi pupuk organik dan sekaligus mengatur sistem tata kelolah sampah di kecamatan ngapa.

“Saya sudah bicarakan soal ini dengan pemerintah setempat beserta pihak kelurahan lapai, dan akan menganggarkan atau mengupayakan 2 unit truk pengangkut sampah tahun 2018,” ungkap Ansar, Senin (2/10/2017).

Pihak pemerintah setempat kata dia, nantinya akan membentuk petugas panitia dimasing-masing desa yang sering buang sampah, khususnya di pasar lapai, untuk mengangkut sampah warga yang telah disediakan di tempat penampungan untuk selanjutnya di bawa ke TPA untuk diolah.

“Untuk sementara akan kami sosialisasikan dulu kepada masyarakat setempat terkait kegiatan yang akan kami lakukan mendatang,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk mengantisipasi tumpukan sampah di jalan, pihak pemerintah setempat akan melakukan tindakan pembersihan.

“Untuk sementara, kami sewa alat berat dulu untuk membersihkan jalan yang ditutupi oleh sampah,” katanya.

Untuk itu, kader partai PAN ini berharap, dengan adanya kegiatan yang akan dilakukan pemerintah setempat di tahun mendatang, agar masyarakat sekitar tidak lagi mengadopsi perilaku buang sampah sembarangan.

“Nantinya warga tidak jauh-jauh lagi untuk membuang sampah sembarangan, karena kami akan sediakan penampungan sampah dimasing-masing desa atau kelurahan yang tidak ada penampungan sampahnya,” katanya.

Kontributor : Fyan
Desain Terbaru

1 KOMENTAR

  1. Saya sangat setuju. Sebagai warga kaloka utara yang mana sejak 2015, melanjutkan pendidikan di IPB pada program studi Biotekbologi tanah, akan ikut membantu jika dibutuhkan dalam pengelolaan sampah organik yang ada di Kolaka utara

LEAVE A REPLY