Kadis Pendidikan Muna La Ege SH Foto: Bensar
Kadis Pendidikan Muna La Ege SH Foto: Bensar

RAHA, KORAN SULTRA- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muna La Ege SH, berhasil mengamankan uang tunai sebanyak satu kardus yang diduga hasil dari Pungutan Liar (Pungli), kepengurusan Surat Keputusan Bupati dan Ijasa para pelajar di Muna.

Penemuan dana itu, berdasarkan hasil pemerikasan Kadis Pendidikan Muna La Ege SH, melalui Berita Acara Pemeriksaan (BAP) terhadap sejumlah pegawai yang diduga melakukan Pungli di tubuh Dinas Pendidikan. Dalam BAP tersebut, Kadis Pendidikan ini menemukan uang yang belum diketahui jumlahnya ini, berada diruang sekertariat dinas pendidikan. Dugaan sementara dana itu, bersumber dari kegiatan pungli yang dilakukan salah seorang wanita berinisial SL, yang bekerja sebagai staf di Dinas Pendidikan.

“Konsekuensinya bisa saja sangsi ringan maupun berat. Paling tidak, saya akan pindahkan dari kantor diknas, minimal kami tugaskan disekolah. Sebab, dia telah melanggar aturan ASN, tentang Peraturan Pemerintah (PP) nomor 53 tetang pegawai negeri sipil,” jelasnya, Kamis (30/3).

Dalam BAP La Ege, tak hanya inisil (SL) yang dicurigai sebagai dalang pungli namun, ada lagi salah seorang pria inisial LA, juga sempat disebut namnya oleh salah satu korban DN dari tindakan pungli pengesahan Ijasa.

“LA, dalam keterangan BAP nya tidak meminta uang, kecuali diberikan baru menerima. Sedangkan dalam BAP DN, pelaku LA meminta uang. Makanya, LA tetap dapat sangsi juga,” ujar mantan kepal inspektorat Muna ini.

Kata La Ege, uang yang ditemukan ini belum diketahui jumlahnya. ”Belum dihitung berapa nilainya. Untuk itu rencananya saya akan umumkan kepada yang bersangkutan untuk mengambil kembali dana tersebut. Kalau merek tidak ambil, saya serahkan saja di masjid nantinya,” tutupnya.

Kontributor : Bensar
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY