Foto dua orang calon Kades yang sedang melakukan pemotretan Foto: Dekri/Koran Sultra
Foto dua orang calon Kades yang sedang melakukan pemotretan Foto: Dekri/Koran Sultra

TIRAWUTA, KORAN SULTRA.COM-Sejumlah calon kepala desa (Cades), di Kolaka Timur (Koltim), pagi tadi, Rabu (30/11) melaksanakan poto bersama rival masing-masing di aula kantor Camat Tirawuta Koltim.

Poto bersama (Pose) yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) ini, merupakan hal yang tak lasim terjadi, di Sulawesi Tenggara (Sultra) sebab, disini para calon diwajibkan untuk melakukan foto bersama secara berdampingan dengan masing masing rival mereka. Hal ini diungkapakan oleh Keala Bidang (Kabid) Pemerintah dan Desa (Pemdes) Irwan Kara.

Kata Irwan, poto para calon ini, selain bakal dilampirkan dalam kertas surat suara, dan didokumentasikan sebagai arsip BPMB, kegiatan foto bersama ini, juga merupakan ajang silaturahim antara sesama calon. ”Jadi sebelum mereka bertarung, mereka berpoto bersama dulu. Biar mereka saling kenal satu sama lain dalam ajang demokrasi,” kata Irwan Kara.

Kata dia, calon desa yang ikut dalam sesi pemotreran kali ini, adalah calon yang telah ditetapkan dan mengantongi nomor urut dari PPKD desa masing-Masing.

Sejumlah calon Kades sedang menunggu sesi pemotretan Foto: Dekri/Koran Sultra
Sejumlah calon Kades sedang menunggu sesi pemotretan Foto: Dekri/Koran Sultra

“Yang diambil gambarnya itu calon yang telah ditetapkan oleh PPKD desa, dan telah mendapatkan nomor urut. Sedangkan berita acara penetapan, baru kita ambil dari PPKD masing-masing,” katanya.

Irwan menegaskan, bahwa besok Kamis (1/12) merupakan kesempatan terakhir bagi para calon yang belum melakukan pemotretan hari ini, ”Jadi besok merupakan kesempatan terakhir bagi mereka (calon kepala desa red) untuk hadir dan mengikuti pemotretan serta melengkapi kelengkapan dokumen penetapan dari PPKD,” ketusnya.

Lebih lanjut Irwan, Sedikitnya yang melaksanakan sesi pemotretan kali ini berjumlah 246 dari 12 kecamatan se-koltim. ”Jadi jika dipersentasekan, itu berjumlah 70 persen, dari 83 desa di Koltim,” katanya.

Ia berharap setelah kegiatan ini, seluruh peserta calon kepala desa agar kembali konsentrasi ke wilayah masin-masing guna menjaga stabilitas khusunya keamanan ditempat masing-masing. Sebab kata dia, kebersamaan serta sinergritas sesama calon dalam menjaga stabilitas keamanan daerah masing-masing adalah merupakan cara untuk mewujudkan pemilihan yang aman dan tentram dengan Moto politik boleh berbeda silahturahmi tetap terjaga.

Koresponden : Dekri
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY