Sejumlah Proyek yang sempat di Pantau oleh TIM Kejaksaan Muna, foto : Bensar
Sejumlah Proyek yang sempat di Pantau oleh TIM Kejaksaan Muna, foto : Bensar

Raha, Koran Sultra – Sejumlah Kasus Indikasi Korupsi yang diduga terjadi di Kabupaten Muna Barat kini “lantang” disuarakan oleh sejumlah Aktifis yang ada didaerah ini.
Sebagaimana di ketahui, Kabupaten Muna Barat adalah Daerah Otonomi Baru (DOB) yang belum lama dimekarkan dari Kabupaten Induk ( Kabupaten Muna), meski terbilang sebagai Kabupaten baru ini sudah memiliki catatan “merah” yang sudah di Laporkan oleh Sejumlah Aktivis penggiat Anti Korupsi didaerah ini.

Berdasarkan catata Koran Sultra, Laporan pertama yang masuk di Kejaksaan Muna yakni sebanyak 21 kepala desa (kades) terindikasi terjadi pengurangan volume pekerjaan dari Dana Alokasi Desa (ADD), selain itu informasi yang didapati berdasarkan pantuan tim Kejari Muna yang dipimpin oleh La Ode Abdul Sofyan. SH. MH yang menindak lanjuti laporan masyarakat, terkait infrastruktur, jembatan dan irigasi ironisnya ditemukan pekerjaan 2016 yang diduga dikerjakan ditahun 2017.

Terayar, senin 30/01 kemarin, Angkatan Munda Kemenangan Rakyat Bergerak Bersama Rakayat ( KERAMAT) yang diketuai oleh, La Ode Adum Rahwana, beserta puluhan masyarakat. Berunjuk rasa di Kantor Kejaksaan Muna dan meminta penegak hukum segera menyelesaikan kasus-kasus dugaan korupsi yang terjadi di Muna Barat.

“Keramat” juga melaporkan dua kades, Lawada Jaya dan Marobea Kecamatan Sawerigadi, yang terindikasi terjadi penyalagunaan uang Negara, mulai dari ADD sampai Block grand.

Mereka meminta agar dilakukan pemeriksaan terhadap kades Lawada Jaya, terkait anggran tahun 2015 Rp. 447. 671. 000, 00 Sedangkan yang digunakan Rp. 327. 146. 800,00.

“masi ada sisa anggaran senilai Rp. 120. 524. 200, 00, saya yakin kades memperkaya dirinya. Begitu juga kades marobea harus diperiksa terkaitpenguna anggaranya. “ujar Rahwana dihadpan para jaksa.
Kas intel La Ode Abdul Sofyan. SH. MH. Hal itu menangapi dengan serius, dirinya mengatakan banyak laporan yang masuk, baik laporan 21 kades,sebelummnya dan semua laporan akan ditindak lanjuti.
“terkait laporan yang dibawa sekarang ini sama dengan desa lainya, tentunya kita melalui proses penyidikan”pungkasnya yang mewakili Kajari Muna Badrut Tamam. SH. MH,.

Selain itu kata Sofyan, tolong buatkan laporan tertulis serta mendapatkan data -data lainya yang akurat.

“laporan semua akan ditindak lanjuti, “katanya.

Kontributor : Bensar
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY