Kolaka,Koran Sultra – Ribuan umat muslim di kabupaten Kolaka Jumat, (30/10) pagi menggelar shalat istisqa, atau shalat sunnah untuk meminta hujan pada yang maha kuasa Allah SWT.
Shalat berjamaah yang diikuti jajaran Pemda, serta masyarakat Kolaka digelar di lapangan Konggoasa, Kelurahan Laloleha,Kecamatan Kolaka,kabupaten Kolaka.

Terkait shalat istisqha, Bupati Kolaka, Ahmad Safei menuturkan pelaksanaan salat istisqa ini sebagai langkah untuk meminta turunnya hujan. Di tengah musim kemarau yang berpanjangan dan kabut asap.

“Kami berharap dengan menggelar shalat istisqa ini, allah dapat mengabulkan doa kita semua,dan menurunkan hujan,”terang Safei.

Menurutnya, kekeringan yang terjadi tersebar dibeberapa wilayah di Indonesia termasuk Daerah Kolaka khususnya kolaka bagian selatan, akibat kemarau panjang sehingga berdampak pada kekeringan yang terbilang cukup parah.
“Para petani dibagian selatan cukup kesulitan dalam mengairi sawah, akibatnya ratusan hektar sawah mengalami kekeringan,namun kalau dibagian Kecamatan lain masih aman dan terpenuhi,”jelasnya

Sementara itu, ustad Duana Said mengatakan dalam khutbahnya ajaran agama Islam, shalat Istisqa adalah shalat yang dianjurkan, ketika lama tidak turun hujan atau ketika sumber mata air sudah lama mengering.

Lanjut Ustad Duana Said mengatakan, jika Shalat yang digelar ini adalah sebagai wujud upaya ritual dari umat Islam, sesuai dengan anjuran syariat Islam.

“Dengan ketulusan niat, Insya Allah apa yang kita inginkan akan terkabul, Selain itu kita menginterpelasi diri mengucap istighfar atas dosa yang kita perbuat serta selalu bersyukur atas nikmat yang telah dilimpahkan” pintanya

Subahanallah, selang 8 jam usai menggelar shalat istiqha di lapangan Konggoasa, yang maha kuasa memeperlihatkan kebesarannaya, dan mengabulkan doa rakyat Kolaka,yangmana air hujan turun mengguyur Kolaka selama setengah jam.

Kontributitor: Miswan Okyl

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY