Ketua PWI Sultra Sarjono saat memberikan semangat pada sejumlah wartawan yang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan di salah satu Hotel di Kendari Foto: Dekri

KENDARI, KORANSULTRA.COM – Sebanyak 21 orang wartawan dari berbagai media di Sulawesi Tenggara (Sultra), mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke- VI yang dilaksanakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) disalah satu Hotel di Kota Kendari, Sabtu (2/12).

Dari 21 orang yang mengikuti Uji Kompetensi tersebut, hanya 11 orang wartawan yang dinyatakan lulus dan menyandang predikat Kompeten oleh penguji, sedangkan 9 Wartawan lainnya dinyatakan belum Kompeten.

Ketua PWI Sultra Sarjono mengatakan, UKW angkatan ke- VI diikuti 21 wartawan dengan tingkat wartawan muda. Dari jumlah itu, ada sembilan wartawan yang oleh dewan penguji dinyatakan belum kompoten.

“Dari persentase 100, ada sekitar 45 persen saja yang dinyatakan berkompeten oleh Dewan Pers, yang lainnya dinyatakan belum berkompeten,” ujar Sarjono, dihadapan peserta UKW, Sabtu (2/12/2017).

Foto bersama usai menggelar UKW Foto: Dekri

“Dengan lulusnya 11 wartawan yang mengikuti UKW angkatan ke- VI, berarti sudah ada sekitar ratusan orang wartawan di Sultra dari berbagai jenjang dan kelas yang dinyatakan kompeten oleh Dewan Pers,” terang Sarjono.

Terhadap para wartawan yang lulus dan menyandang predikat berkompeten, Sarjono berpesan agar benar-benar menjaga marwah sertifikasi yang telah disandangnya.

Wujudnya, dengan mengejawantahkan perilaku wartawan yang profesional dan ditunjukkan dengan produk atau karya jurnalistik yang sehat. Yaitu, produk jurnalistik yang bermanfaat dan mencerdaskan masyarakat.

“Dengan begitu, teman-teman wartawan yang lolos UKW benar-benar bisa menjadi pioneer agar citra wartawan semakin baik di mata masyarakat,” jelasnya.

Sementara untuk yang tidak lulus, Sarjono minta agar tak berkecil hati. Karena masih punya kesempatan mengikuti UKW lagi di angkatan berikutnya.

Kontributor : Dekri

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY