Foto bersama Management Antam dan Masyarakat Pesisir Foto: Hamdan

KOLAKA, KORAN SULTRA– Management PT. Antam Tbk, UPBN Sultra Kec. Pomalaa Kab. Kolaka, adakan silatuhrahim bersama masyarakat dari komunitas nelayan yang tinggal di pesisir Pomalaa yang bertempat di aula Pondok Kumoro, Kamis (12/7/17).

Pertemuan tersebut terkait lima tuntutan permintaan masyarakat Pomalaa yang menuntut agar PT. Antam memenuhi lima hal tersebut.

Dalam tuntutan masyarakat pesisir mereka meminta agar PT Antam menghentikan pembuangan limbah bahan berbahaya yang mempengaruhi kehidupan organisme laut dari pabrik, PLTU batu bara pada wilayah pesisir pomalaa.

Agar masyarakat diberikan kompensasi dengan CSR pada masyarakat nelayan yang terkena dampak akibat dari pembangunan pabrik PLTU batu bara PT. Antam, Masyarakat meminta disiapkan rumah sakit pengobatan gratis untuk masyarakat nelayan yang berada di sekitar PT. Antam, Masyarakat minta diberikan jaminan hak masyarakat atas lingkungan yang sehat dan bersih, dan menolak adanya lembaga luar yang menfasilitasi pelaksanaan CSR.

Koordinator dari komunitas masyarakat pesisir Djabir Teto Lahukuwi, juga ikut mendesak pemerintah untuk melakukan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KHLS) sebagaimana telah yang di amanatkan dalam UU No. 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, yang harus di laksanakan di wilayah konsesi PT. Antam Tbk UPBN Sultra, khususnya pada pengelolaan limbah cair, udara dan limbah padat.

Menanggapi tuntutan masyarakat pesisir, pihak managemen PT. Antam Tbk UPBN Sultra yang di pimpin langsung VP HC and CSR Dr. Hakim Nur Mampa mengatakan usulan tersebut bakal direalisasikan.

“Usulan dari masyarkat pesisir akan kami realisasikan tidak akan kami simpan di laci. Antam sendiri hadir di Pomalaa untuk masyarakat Kolaka khususnya untuk masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah PT. Antam,” ucapnya

Pertemuan berlangsung cukup alot hingga akhirnya pihak managemen PT. Antam Tbk UPBN Sultra dan masyarakat pesisir Pomalaa berfoto bersama.

Kontributor : Hamdan
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY