Ketua TP PKK Muna, Yanti Setiawati Rusman (Tengah)

Raha, Koran Sultra – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Muna, kini dinobatkan juara satu di sulawesi Tenggara (Sultra)

Juara Umum dalam lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). Setelah berhasil menyisihkan peserta lain dari 17 Kabupaten/Kota.

Lomba yang diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, di hotel Clarion pada 16 Mei 2017 lalu, TP PKK Muna berhasil menyabet dua tropi dari lima kategori yang di perebutkan yakni kategori aneka ragam menu serta kategori favorit dewan juri.

Lomba B2SA PKK Muna menyajikan 17 ragam kulinner dengan menu andalan diantaranya, menu Rol Ubi Mafu (Ubi Ungu), tangsang kacang merah yang disajikan dalam menu makan pagi serta puding kabuto yang di sajikan dalam menu snack sore.

“bahan dasar menu rol ubi mafu kita gunakan ubi Mafu (ubi merambat) sejenis ubi jalar karena ubi mafu ini hanya ada di Muna, kemudian ubi kayu kuning, “pungkas Ketua TP PKK Muna, Yanti Setiawati Rusman, Melalui Sekretaris TP PKK Muna, Isra Nasrun Kaeba, Kamis (18/5).

Perlombaan cipta menu tersebut, PKK Muna, hanya membutuhkan waktu selama tiga hari sesuai kebutuhan keluarga.
“menyiapkan menu makan pagi, siang dan malam sesuai kebutuhan keluarga. Intinya bagaimana menganekaragamkan bahan pangan lokal,” Kata Isra Nasrun Kaeba.

“Untuk menu puding kabuto (ubi yang dikeringkan) dijadikan tepung dicampur gula pasir dan santan kemudian diaduk hingga kental, dicetak sesuai selera setelahnya dikukus sampai matang dan siap disajikan dengan saus,” katanya.

Kontributor : Bensar
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY