Kabag Humas Pemda Muna Amiruddin Ako
Kabag Humas Pemda Muna Amiruddin Ako

RAHA, KORAN SULTRA-Pelayanan pengurusan Surat Keputusan (SK), Bupati Muna, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muna dikeluhkan sejumlah tenaga perawat honorer.

Pasalnya, dalam pengurusan SK pertahun para tenaga perawat di RSUD, dibandrol senilai Rp 5000 per satu kali Stempel.

Padahal, pihak pemerintah daerah melalui Bupati Muna, sebelumnya telah mengintruksikan jika jangan ada instansi yang melakukan Pungli dengan cara apapun. Sebab, jika itu yang terjadi konsekuensinya bakal ditanggung sendiri oknum tersebut.

Salah seorang perawat di RSUD Muna menuturkan, semua honorer yang mengurus SK Bupati di Instansi tersebut, melakukan pembayaran senilai Rp 5000 per satu kali stempel.

“Semua honorer yang mengurus SK di rumah sakit bayar Rp 5000 per SK. Yang dibayar itu katanya stempelnya,” ujar salah seorang tenaga perawat di RSUD yang meminta namanya tidak di korankan, kamis (23/03).

Ia mengungkapkan, jika dana tersebut diberikan kepada salah seorang staf, yang berada diruang Tata Usaha RSUD Muna.

“Dua staf RSUD, Ibu dan bapak yang berperan sebagai menerima dana kami,” bebernya.

Dirut RSUD Muna dr Tutut Purwanto, yang dikonfirmasi lewat telepon selulernya membantah, jika dalam pengurusan SK para honorer di RSUD Muna diberlakukan pemungutan biaya administrasi sebesar senilai Rp 5000/rupiah.

“Tidak ada pungutan dalam pengurusan honor,” bantahnya, Minggu (26/03).

Ditanya berapa jumlah tenaga honorer kesehatan di RSUD, drinya mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan pendataan.

“Saat ini kamii masih sementara memproses datanya, ” katanya.

Menagapi hal tersebut Kabag Humas Pemda Muna Amiruddin Ako, mengatakan, Bupati Muna telah menyampaikan bila ada instansi yang melakukan pungli bakal menerima konsekuensinya baik dari segi jabatannya, maupun konsekuensi hukumnya.

“la kalau memang itu terjadi maka konsekuensinya akan diterima oleh oknum tersebut. Saya kira jelas pernyataan bupati, sangsi bahkan bisa berupa hukum. Apalagi kita hari ini sudah teken MoU dengan Kejari Muna,” katanya.

Kontributor : Bensar
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY