	Kepala SMAN 1 Maginti Laode Hasyim, S.Pd, saat berada di Kantor
 Kepala SMAN 1 Maginti Laode Hasyim, S.Pd, saat berada di Kantor

Laworo, Koran Sultra – Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 1 Maginti, terletak di Desa Abadi Jaya, Kecamatan Maginti, Kabupaten Muna Barat (Mubar) kini cukup memprihatinkan. Betapa tidak, sekolah yang beroperasi sejak tahun 2004 itu, sampai saat ini belum tersedia sarana atau fasilitas perpustakaan. Hal ini diakui Kepala SMAN1 Maginti, Laode Hasyim, S.Pd, saat ditemui awak media ini, di sekolah, Senin (3/4). “Ya, memang di sekolah sini (SMAN 1 Maginti, red) sejumlah sarana atau fasilitas belajar Siswa masih terbatas atau belum tersedia. Seperti sarana perpustakaan belum ada. Termasuk Laboratorium (Lab) Bahasa dan jaringan internet belum baik,” Ujar Kepsek Laode Hasyim.

Lebih lanjut Ia mengatakan, selain keterbatasan sarana atau fasilitas belajar tersebut, sekolah yang memiliki Siswa kurang lebih 342 ini, masih terbilang minim atau terbatas ruang belajar Siswa. “Ya, termasuk ruang belajr Siswa belum memadai. Dibutuhkan 2 Rombongan Kelompok Belajar (RKB) lagi baru dapat menampung seluruh jumlah Siswa. Sebagai alternative, sementara Lab IPA digunkan sebagai ruang belajar Siswa,” Ungkapnya.

Ia menambahkan, namun meski keterbatasan fasilitas atau sarana belajar, sekolah yang terletak di sekitar pesisir pantai selat Tiworo atau Maginti itu. Siswa dapat bersaing baik di bidang akademik maupun non akademik dengan sekolah lainnya yang ada di Kabupaten Muna Barat, bahkan tingkat Propinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Menurutunya, dengan keterbatasan sarana atau fasilitas belajar Siswa, namun Alhamndulillah Siswa di sekolah sini (SMAN 1 Maginti, red) masih dapat bersaing dengan sekolah lainnya yang ada di Kab. Mubar. Ini terbukti, di tahun 2016, perwakilan Siswa SAMN 1 Maginti, atas nama Muh. Syawal tampil terbaik, yakni mampu meraih juara 1 dalam lomba olimpyade Sains, tingkat Kabupaten Muna Barat (Mubar). Dan ikut seleksi mewakili Kab. Mubar di tingkar propinsi. Juga di tahun 2017, perwakilan Siswa SMAN 1 Maginti atas nama, Nurwahyu Rahmadani, berhasil tampil terbaik (juara 1) dalam olimpyade Matematika tingkat Kabupaten Muna Barat. Hingga mewakili Kab. Mubar untuk ikut seleksi di tingkat propinsi.

“Prestasi yang diraih, terutama di bidang kademik anak didik Saya itu, tentunya atas berkat semua pihak, terutama para guru dalam melakukan proses pembinaan atau pendidikan terhadap Siswa. Juga tidak terlepas peran dari orang tua Siswa yang telah berontribusi atau mendukung segala program yang ada di sekolah. Termasuk dukungan penuh dari pihak Pemerintah daerah (Pemda) setempat dalam mensukseskan segala kegiatan atau program yang diselenggarakan di sekolah,” Pungkas Kepsek Laode Hasyim.

Kontributor : Ronas
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY