”Meski demikian kata Abidin, Hingga saat ini belum ada petunjuk yang  jelas dan bersifat final dari Kemen PDT  itu sendiri”

 

Kepala Bidang GTK Muh. Abidin Foto: Nas
Kepala Bidang GTK Muh. Abidin Foto: Nas

UNAAHA KORAN SULTRA-Jika ditahun kemarin kategori guru daerah terpencil (Gudacil) ditentukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), kini bedah lagi. Tahun ini 2017, pendataan penerima tunjangan Gudacil bakal ditentukan oleh Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemen PDT).

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang GTK Muh. Abidin saat ditemui diruang kerjanya, Senin (27/03).

“Perlu diketahui persoalan Gudacil untuk 2017 ini aturannya berbeda. Kalau tahun kemarin yang berhak untuk menentukan penerimanya berdasarkan SK bupati hanya kemendikbud. Tetapi ditahun ini yang menentukan peneriman Gudacil itu lain lagi yakni Kemen PDT,” katanya.

Ditahun ini kata Abidin, yang akan diberikan bantuan, bukan sekolah ataupun gurunya, melainkan daerah yang tertinggal dan yang berhak untuk menetapkan daerah tertinggal itu hanya Kemen PDT.

Meski demikian, kata Abidin, sampai saat ini belum ada petunjuk yang jelas yang bersifat final dari Kemen PDT sendiri. ”Nanti ada informasi tanggal 31 maret baru ada finalnya,” ujar dia.

”Nantinya mereka Kemen PDT yang menetapkan, setela itu mereka kirim ke email kami. Misalnya, desa A masuk kategori daerah tertinggal menurut Kemen PDT, kemudian dievaluasi lagi apakah di Desa A memang benar ada sekolah atau tidak,” jelasnya.

Jika ada kata Abidin, maka pihaknya wajib mengusulkan guru-gurunya untuk ke pusat. sebab, akan keluar SK Dirjennya.

”Setelah ada SK baru dari pusat, baru bisa kami mengusul kembali untuk pendanaannya. Karena dana tersebut masuk langsung ke rekening masing-masing penerima. Data tersebut harus sesuai dengan data dari dapodik. Jadi biarpun keluar data daerahnya dari Kemen PDT, kami tetap melakukan proses bila mana data tersebut tidak konek,” jelas Abidin.

Menurut mantan kepala UPTD ini, data penerima dacil untuk sementara baru 89 orang dan jumlah ini bisa bertambah maupun berkurang.

Kontributor : Nas

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY