Rohim, PSI Jasindo Kendari bersama Kelompok Tani asal Desa Sulemandara Kecamatan Pondidaha Kabupaten Konawe

Kendari, Koran Sultra – Perusahaan Asuransi Jasindo membayarkan Dana Klaim Asuransi kepada Petani di Wilayah Kabupaten Konawe, Propinsi Sulawesi Tenggara sebesar Rp. 822.253.000,- .

Dana ini diperuntukkan bagi 136 Hektar Areal Persawahan yang mengalami Gagal Panen alias Fuso akibat terkena banjir sejak bulan April lalu.

Menurut Rohim, selaku PSI Jasindo Sulawesi Tenggara penyaluran Dana Klaim Asuransi ini sudah dilakukan pembayarannya kepada 50 % Petani yang mengalami Gagal Panen Periode musim tanam yang lalu. “ sebanyak Rp. 822.253.000,- .Dana Asuransi untuk petani Di Kabupaten Konawe, yang terkena bencana sejak April lalu, untuk saat ini sudah sebagian yang telah dilakukan pencairannya” katanya saat diwawancarai oleh Koran Sultra di Kantornya kamis 27/07.

Dikatakannya, untuk wilayah Kabupaten Konawe belum semua Kecamatan yang bermitra dengan Pihak Jasindo, “ untuk Kabupaten Konawe yang masuk asuransi permusim tanam kali ini yakni kecamatan Pondidaha, Kecamatan Amonggedo, Kecamatan Meluhu, Kecamatan Tongauna, Kecamatan tongauna utara, Kecamatan Abuki, Kecamatan Lambuya dan kecamatan puriala” rincinya.

Sementara yang belum masuk dalam Program Asuransi Jasindo yakni Kecamatan uepai, onembute, dengan kecamatan padangguni dan kecamatan Asinua, kecamatan unaaha, kecamatan wawotobi, woggeduku dan wonggeduku barat, lanjut Rohim.

Rohim menjelaskan bahwa setiap petani dapat mengajukan Asuransi Jasindo “ Maksimal lahan yang bisa diasuransikan itu adalah 2 Hektar per orangnya, dengan biaya premi asuransi sebesar Rp. 36 ribu perhektar dan permusim tanam adapun untuk klaim asuransi sebesar Rp. 6 juta perhektarnya” terangnya.

Meski dibatasi jumlah maksimal areal yang di asuransikan, untuk batasan minimal areal pihaknya tidak member batasan “ Dalam mengasuransikan lahannya petani tidak ada batasan minimal areal, hanya batasan masksimal 2 Ha saja perkelompok” ujarnya. (Red****)

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY