Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), dalam meningkatkan pemahaman pembinaan keagmaan, terhadap kepala KUA di masing-masing kecamatan di Sultra, mengelar Uji Kompetensi Penghulu disalah satu hotel di kota Kendari, Kamis (24/08). Foto: Afdal

KENDARI, KORANSULTRA.COM – Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), dalam meningkatkan pemahaman pembinaan keagmaan, terhadap kepala KUA di masing-masing kecamatan di Sultra, mengelar Uji Kompetensi Penghulu disalah satu hotel di kota Kendari, Kamis (24/08).

Kepala Kanwil Sultra Abdul Kadir, saat ditemui mengungkapkan, latar belakang dari pelaksanaan tersebut yaitu Melihat Kua Ini merupakan Sentral garda Terdepan Kanwil Sultra, Ma Butuhnya Peningkatan Kapasitas melalui Uji Kompetensi Bakal Calon Penghulu.

Pasalnya KUA memang benar- Benar harus Memahami akan Kelak Persoalan- Persoalan Keumatan Di Wilayah masing- Masing Kecamatan dalam Berbagai Hal, melihat bahwa KUA juga yang harus di harapkan sebagai Orang yang terdepan selain tau bisa mengantisipasi Sejumlah Permasalahaan ,Baik Mengenai pembinaan keagamaan maupun urusan Hubungan sosial Kemasyarakatan bagai mana cara menikahkan, Termaksud Mengantisipasi adanya gejala- gejala dinamika pemikiran sekarang ini atau biasa di maksud paham Radikal.

“Karena KUA itu dibantuh oleh perangkat Lainya, seperti penghulu atau penyuluh Agama dari masing- masing desa di setiap Kecamatan, sehinga memang pihak KUA ini merupak satuan yang paling terdepan dalam pembinaan keagamaan,” katanya.

sehingga sesuai dengan harapan Kemenag dalam meningkatkan Mutu dan Kapasitas maka perlu adanya pembekalan bagi KUA dalam menjadi garda terdepan Kanwil Sultra.

“KUA ini kan Jabatan Tambahan, yang harus menduduki jabatan ini adalah Penghulu, sehinga penghulu ini yang akan kita bina Kompetensinya,” ujarnya.

Tambahnya, jika di tidak Memiliki kompetensi maka tidak akan Optimal dalam Melaksanakan tugas- tugasnya.

  • Kontributor : Afdal
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY